Hatta Janji Cari Solusi soal Capping PLN

Hatta Janji Cari Solusi soal Capping PLN
Hatta Janji Cari Solusi soal Capping PLN
JAKARTA — Pelepasan batas atas dan batas bawah tarif (capping) listrik 18 persen untuk industri secara penuh yang berakibat pada naiknya harga Tarif Dasar Listrik (TDL) pada sektor tertentu, membuat pemerintah turun tangan. Menteri Koordinator bidang perekonomian, Hatta Rajasa pun berjanji akan segera mencarikan jalan tengah untuk menyelesaikan persoalan ini.

"Saya akan bicarakan segera. Seharusnya masalah ini selesai di level Menteri ESDM. Namun nanti hari Senin (7/2) saya akan bahas segera, Menko tidak bisa membiarkan seusatu. Menko harus mengkordinasikan dan harus ada penyelesaian soal ini," kata Hatta pada wartawan di Jakarta, Jumat (4/2).

Persoalan capping sendiri, kata Hatta bermula dari tidak disetujuinya kenaikan TDL oleh DPR beberapa waktu lalu. Akibatnya, target pemasukan Rp4,5 triliun yang seharusnya bisa didapat PLN tidak bisa terealisasi. Sementara untuk mengurangi beban yang harus ditanggung, maka PLN melepaskan capping untuk kalangan industri.

"Padahal capping itu hanya menjaga untuk mendapatkan Rp4,5 triliun. Sekarang tahun fiskal 2010 sudah lewat dan PLN memikirkan bagaimana dengan pendapatannya yang hilang. Inilah yang harusnya selesai di ESDM. Tapi ya sudahlah, nanti kita carikan solusi terbaik saja," kata Hatta.

JAKARTA — Pelepasan batas atas dan batas bawah tarif (capping) listrik 18 persen untuk industri secara penuh yang berakibat pada naiknya harga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News