BTN Pangkas Porsi Deposito

BTN Pangkas Porsi Deposito
BTN Pangkas Porsi Deposito
JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara (Persero) akan mengubah skema pendanaan (funding) dalam DPK (Dana Pihak Ketiga) tahun ini. Bank yang fokus pada"kredit kepemilikan rumah (KPR) ini akan mengurangi porsi deposito dan mendongkrak tabungan.

"Tahun ini kita akan ubah komposisi dana mahal (deposito) dan dana murahnya (tabungan). Kita ingin porsi tabungan ditingkatkan," ujar Direktur Keuangan BTN, Saut Pardede kemarin. Meskipun porsi deposito akan berkurang namun diperkirakan nilaianya tidak akan menurun karena secara keseluruhan total DPK yang diperoleh BTN dipastikan meningkat.

Untuk menunjang hal itu, sejak tahun lalu BTN telah banyak meluncurkan produk taabungan. Dengan hadirnya produk-produk baru itu, diharapkan porsi tabungan dalam DPK akan bisa meningkat menjadi 45 persen. "Kalau di 2010 posisi deposito dan tabungan 60 : 40 persen. Ke depan kita akan membuat menjadi 55 ; 45 persen itu untuk dana mahal dan dana murahnya," ungkapnya.

     

Saut mengungkapkan kinerja positif yang dibukukan BTN tahun lalu banyak ditopang dengan pertumbuhan kredit. Sepanjang tahun lalu kredit yang dikucurkan BTN meningkat 29-30 persen. "Kredit kita tumbuh antara 29-30 persen di 2010, nah kita targetkan di 2011 sesuai Rencana Bisnis Bank (RBB) bisa tumbuh hingga 30 persen lagi," lanjutnya.

     

JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara (Persero) akan mengubah skema pendanaan (funding) dalam DPK (Dana Pihak Ketiga) tahun ini. Bank yang fokus pada"kredit

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News