Hatta: Manajemen Pelabuhan Merak Belum Bagus

Siapkan JSS Untuk Solusi Jangka Panjang

Hatta: Manajemen Pelabuhan Merak Belum Bagus
Hatta: Manajemen Pelabuhan Merak Belum Bagus
JAKARTA — Meski telah mematangkan draft kajian pembangunan jembatan Selat Sunda (JSS), namun mega proyek yang rencananya menghubungkan daratan Jawa dengan daratan Sumatera ini dijadikan sebagai solusi jangka panjang. Sebelum terealisasi, maka solusi jangka pendek dan menengah untuk mengantisipasi kemacetan di pelabuhan Merak harus dilakukan.

‘’JSS itu solusi jangka panjang saja. Kita harus siapkan jangka pendek dan menengah. Untuk jangka pendek harus dalam waktu dekat ini. Segera kita melakukan manejemen pelabuhan,’’ kata Menteri koordinator bidang perekonomian, Hatta Rajasa pada wartawan di Jakarta, Rabu (2/3).

Selama ini kata Hatta, manejemen di pelabuhan Merak masih belum bagus. Sehingga kemacetan parah bahkan hingga 11 Km terjadi berulang kali. Keberangkatan kapal tidak sesuai dengan jumlah kendaraan yang harus terangkut. Bahkan ada beberapa kapal yang tidak bisa diberangkatkan.

Banyak faktor penyebabnya kata Hatta. Selain karena manajemen keberangkatan dan pelabuhan, juga disebabkan oleh faktor cuaca ekstrem yang menyebabkan ketinggian gelombang. Selain itu, volume perdagangan yang memanfaatkan fasilitas pelabuhan juga terus meningkat.

JAKARTA — Meski telah mematangkan draft kajian pembangunan jembatan Selat Sunda (JSS), namun mega proyek yang rencananya menghubungkan daratan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News