Hatta Optimis Inflasi Masih Terkendali

Hatta Optimis Inflasi Masih Terkendali
Hatta Optimis Inflasi Masih Terkendali
JAKARTA — Menteri koordinator bidang Perekonomian, Hatta Radjasa, mengayakan, meski inflasi pada bulan Agustus lalu mengalami kenaikan namun secara umum sebenarnya menunjukkan penurunan. Karenanya, pemerintah akan melakukan evaluasi atas kenaikan angka iflasi Agustus lalu. Terutama dari sumbangan kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) yang menyumbang inflasi 0,33 persen atau jauh melewati prediksi awal yang hanya sekitar 0,22 persen.

"Inflasi kumulatif 4,8 persen year to date. Juli 4,2 persen lalu tambah 0,76 berarti 4 persen. Yang ingin saya tunjukkan adalah inflasi pada bulan Juli kita itu dibanding Agustus sudah turun," kata Hatta kepada wartawan di Jakarta, Kamis (2/9).

Mengenai jauhnya kenaikan inflasi dibandingkan prediksi akibat kenaikan TDL, Hatta mengatakan bahwa hal tersebut harus dilihat dengan lebih cermat. "Makanya nanti kita akan lihat lagi. Kira-kira darimana pengaruhnya yang terbesar itu. Saya akan tanyakan kepada menteri ESDM. Kita optimis inflasi tetap pada 5 plus minus 1 akan tercapai. Kita telah berhasil juga menekan harga-harga pangan,’’ jelas Hatta.

Sementara Menteri Keuangan (Menkeu) Agus Martowardojo, lebih banyak menghindar untuk menjawab perihal angka inflasi di Agustus 2010. Agus mengaku belum mempelajari dan mengevaluasi penyebab-penyebab terjadi kenaikan inflasi per Agustus.

JAKARTA — Menteri koordinator bidang Perekonomian, Hatta Radjasa, mengayakan, meski inflasi pada bulan Agustus lalu mengalami kenaikan namun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News