JPNN.com

Hatta Rajasa Dapat Penghargaan dari INSA Award

Jumat, 11 April 2014 – 04:44 WIB Hatta Rajasa Dapat Penghargaan dari INSA Award - JPNN.com
Menko Perekonomian Hatta Rajasa mendapat penghargaan dari Indonesian National Shipowners Association (INSA). Foto: JPNN.com

JAKARTA - Menko Perekonomian Hatta Rajasa baru saja mendapat penghargaan dari Indonesian National Shipowners Association (INSA). Hatta dinilai berkontribusi besar dalam menyukseskan asas cabotage di Indonesia.

"INSA award ini merupakan apresiasi atas konsistensi sikap Menko Perekonomian yang sekaligus ketua tim pelaksana Inpres Nomor 5 tahun 2005, telah mendukung pelaksanaan program nasional asas cabotage di Indonesia," ucap Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat INSA, Carmelita Hartono di Hotel Kempenski, Jakarta, Kamis (10/4) malam.

Menurutnya, pelaksanaan asas cabotage di Indonesia tidak bisa lepas dari peran pemerintah, mulai dari Presiden hingga lembaga badan/kementerian. Baik dalam melaksanakan maupun mengawal agar aturan ini dapat terlaksana dengan baik.

Keberhasilan pelaksanaan asas cabotage kata dia, dapat dilihat dari populasi kapal yang meningkat hingga 119 persen selama sembilan tahun terakhir dengan kapasitas terpasang mencapai 18 juta GT, serta investasi yang tercatat tidak kurang dari USD 18 miliar.

“Dengan kondisi armada saat ini, Indonesia mampu meningkatkan rangking kapal niaga nasional dari urutan ke-4 pada 2005 menjadi urutan ke-2 di antara negara-negara di kawasan ASEAN,” imbuhnya.

Namun, lanjut Carmelita untuk lebih mensukseskan asas cabotage sekaligus mendorong program beyond cabotage, masih diperlukan komitmen besar dari semua pihak supaya kebijakan tersebut tetap berlanjut dan dilaksanakan di masa mendatang.

“Itulah alasan, mengapa INSA memberikan penghargaan sebagai apresiasi kepada tokoh/lembaga yang selama ini berkontribusi besar dalam mensukseskan asas cabotage di Indonesia. Kami juga masih membutuhkan dukungan agar kebijakan pemberdayaan industri pelayaran nasional, tetap dilaksanakan di masa mendatang,” harap dia. (chi/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...