JPNN.com

Hatta Rajasa Resmikan Fly Over Merak

Selasa, 10 Mei 2011 – 13:17 WIB Hatta Rajasa Resmikan Fly Over Merak - JPNN.com
Hatta Rajasa Resmikan Fly Over Merak
JAKARTA - Kemacetan di sepanjang jalur Pelabuhan Merak (Banten) ke Jakarta, bisa jadi akan mulai terurai. Pasalnya, fly over Merak sudah mulai beroperasi, usai diresmikan Selasa (10/5) oleh Menteri Koordinator (MEnko) bidang Perekonomian, Hatta Rajasa. Ikut hadir dalam peresmian ini Menteri PU, Duta Besar Jepang, pihak JICA (Japan Internasional), serta jajaran pemerintah daerah Banten.

Fly over Merak yang diresmikan itu sendiri terdiri dari dua jalur jalan. Jalur pertama yakni dari Pulau Rida ke Merak sepanjang 900 meter, serta jalur kedua dari ASDP Merak ke Jakarta sepanjang 433 meter. Masing-masing memiliki kelebaran badan jalan 7 meter, dengan biaya pembangunan mencapai Rp 125 miliar.

Menteri PU Djoko Kirmanto mengatakan, dengan telah diresmikannya fly over Merak ini, diharapkan kemacetan panjang akibat bertambahnya volume kendaraan dan lalu lintas barang, akan bisa teratasi. Fly over Merak juga disebutkan menjadi langkah awal dalam membuka jalur transportasi di wilayah utara Pulau Jawa.

"Ke depan kita akan fokus untuk Jembatan Selat Sunda, yang insyaallah pembangunannya dimulai tahun 2014. (Karena) Perkembangan arus lalu lintas jalan, barang, orang dan kendaraan di antara dua pulau, terus meningkat," kata Djoko.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...