Hatta : Studi Banding Lebih Banyak Tidak Pentingnya

Hatta : Studi Banding Lebih Banyak Tidak Pentingnya
Hatta : Studi Banding Lebih Banyak Tidak Pentingnya
JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Hatta Rajasa menegaskan bahwa penghematan anggaran sudah menjadi kebijakan pemerintah untuk dijalankan hingga ke daerah-daerah. Salah satu bentuk penghematan yang riil adalah dengan mengurangi agenda studi banding yang biasanya butuh anggaran besar.

‘’Kalau memang tidak perlu, mengapa harus studi banding? Saya nilai, penghematan bisa dilakukan dari anggaran studi banding yang memang tidak penting. Mungkin ada yang penting tapi lebih banyak yang tidak,’’ kata Hatta pada wartawan di kantor Menko perekonomian, Jakarta, Jumat (22/10).

Bukan hanya studi banding, berdasarkan hasil rapat kabinet bersama dengan Presiden beberapa waktu lalu di Makassar, penghematan anggaran sudah ditetapkan menjadi agenda bersama secara nasional. Hatta mencontohkan kegiatan seminar yang biasanya dilakukan di hotel-hotel mewah, bisa dipindahkan dengan menggunakan fasilitas kantor pemerintah.

Demikian pula dengan perjalanan dinas yang biasanya dilakukan 3 hari, bisa dipotong menjadi 1 hari. ‘Kalau perlu, tidak ada lagi perjalanan dinas ke luar negeri kalau memang tidak penting. Biasanya membawa staf sampai 3-4 orang, sekarang cukup satu orang saja. Jadi semua lini yang rasanya bisa dihemat, maka harus dilakukan penghematan,’’ tegas Hatta.

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Hatta Rajasa menegaskan bahwa penghematan anggaran sudah menjadi kebijakan pemerintah untuk dijalankan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News