HB X: Masa Kalau Memang Allah Pakai Assalamualaikum

HB X: Masa Kalau Memang Allah Pakai Assalamualaikum
Ilustrasi. FOTO: dok/jpnn.com

jpnn.com - SALAH satu yang membuat sabdaraja Sultan Hamengku Buwono X menjadi polemik adalah tidak diawali dengan assalamualaikum. Hari ini, Jumat (8/5), sore orang nomor satu di Jogjakarta itu memberikan penjelasan soal hal itu.  

“Sabdaraja ini tidak pakai assalamualaikum bukan berarti assalamualaikum tidak boleh di keraton. Bukan itu!” kata Sultan HB X saat bertatap muka dengan warga dan wartawan di kediaman putri sulungnya GKR Pembayun, Jumat (8/5). 

Dia pun lantas memberikan penjelasan. Menurutnya, dawuh atau perintah yang datang padanya adalah dawuh dari Allah melalui leluhurnya. “Nah, setelah itu saya menyampaikan titah dawuh ini kepada orang lain. Masak kalau memang Allah (yang memberikan dawuh) kok pakai assalamualaikum. Kan tidak,” kata dia. 

Setelah memberikan penjelasan itu, HB X kembali menegaskan bahwa bukan berarti di keraton tidak boleh mengucapkan assalamualaikum. “Ya jangan bilang begitu,” ujar Sultan. (mas/jpnn) 

SALAH satu yang membuat sabdaraja Sultan Hamengku Buwono X menjadi polemik adalah tidak diawali dengan assalamualaikum. Hari ini, Jumat (8/5), sore


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News