HB X Sebut Adiknya Punya Dukun Santet

HB X Sebut Adiknya Punya Dukun Santet
Foto: Dok/ Radar Jogja

jpnn.com - SUASANA keraton Jogjakarta semakin memanas. Perseteruan antara Sultan Hamengku Buwono X dengan para adiknya pascadikeluarkannya sabdaraja dan dawauhraja, Kamis (30/4) lalu tak bisa dihindarkan. Bahkan, HB X mengatakan bahwa adik-adiknya memiliki dukun santet. 

Pernyataan keras itu dilontarkan HB X untuk memanggapi tudingan adiknya bahwa dirinya mempunyai penasihat spiritual, yakni penjaga Petilasan Wono Kobaran bernama Dartorejo. “Saya ini tidak punya dukun. Tidak seperti adik, punya dukun santet, kan gitu, ya kan,” kata Sultan. 

Menurut Sultan, sejak HB IX masih ada, pihaknya selalu meminta untuk ke makam guna melakukan ziarah kubur, karena HB IX sibuk di Jakarta. 

“Saya itu bicara spiritual sejak dulu. Jadi, saya lebih cenderung meminta kepada adik-adik jangan hanya menggunakan ini (menunjuk kepala, Red), harus menggunakan ini (memegang dada, Red). Kalau baca menggunakan ini (menunjuk kepala, Red) mesti keliru, maka seharusnya menggunakan ini (kembali menunjuk dada, Red),” ucapnya.

Oleh karena itu atas tudingan itu, dia meminta adik-adiknya untuk berpikir secara spiritual Jawa, agar tidak menimbulkan pro dan kontra. Dia juga menyayangkan sikap adik-adiknya yang sudah berkomentar di media terkait sabdaraja. Padahal adik-adiknya tidak ikut dalam pengu-capan sabdaraja tersebut. 

Sultan juga menyesalkan banyaknya spekulasi terkait sabdaraja oleh adik-adiknya, sehingga menyebab-kan polemik semakin meluas.  (zam/gun/laz/ong)


SUASANA keraton Jogjakarta semakin memanas. Perseteruan antara Sultan Hamengku Buwono X dengan para adiknya pascadikeluarkannya sabdaraja dan dawauhraja,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News