Heboh Vaksinator COVID-19 Diduga Tak Menekan Jarum Suntik, Tunggu Pembuktian Ilmiah

Heboh Vaksinator COVID-19 Diduga Tak Menekan Jarum Suntik, Tunggu Pembuktian Ilmiah
Heboh video vaksinator menyuntikkan vaksin Covid-19 diduga tanpa menekan jarum suntik di Kabupaten Karawang. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, KARAWANG - Sebuah video yang merekam proses vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Wadas, Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, viral di media sosial.

Video itu merekam seorang petugas kesehatan yang diduga menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada seorang warga tanpa menekan jarum suntik.

Polres Karawang mulai menangani perkara itu sejak sekitar sebulan lalu. Namun belum meningkatkan status perkara tersebut karena harus ada pembuktian secara ilmiah.

"Kami masih mendalami, karena dari bukti dan pemeriksaan saksi, vaksin itu disuntikkan, tapi korban merasa tidak disuntik. Jadi butuh pendalaman dan hasil laboratorium," kata Kasatreskrim Polres setempat AKP Oliestha Ageng Wicaksana, di Karawang, Jawa Barat, Rabu (18/8).

Dia menjelaskan, dalam menangani kasus ini pihaknya harus melakukan pendalaman terhadap antibodi warga yang disuntik oleh vaksinator.

Pendalaman seperti harus dilakukan untuk memastikan apakah sudah ada vaksin yang masuk ke dalam tubuh korban atau tidak akibat kelalaian vaksinator.

"Jadi pembuktiannya harus secara ilmiah. Mengirim sampel korban secara bertahap ke laboratorium biologi molekuler untuk dilakukan pengecekan terhadap antibodi," katanya.

Dia menyampaikan, pengambilan sampel darah terhadap korban itu tidak sekali. Namun berkali-kali.

Polres Karawang masih mengusut kasus petugas kesehatan diduga menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada seorang warga tanpa menekan jarum suntik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News