Heitinga Siap Matikan Forlan

Heitinga Siap Matikan Forlan
JAGA - John Heitinga (kanan) beraksi di lapangan saat mematikan gerak pemain Jepang, Yoshito Okubo, dalam laga 19 Juni lalu di Durban. Foto: Phil Cole/Getty Images/FIFA.com.
CAPE TOWN - Tanpa Luis Suarez yang kena kartu merah saat menghadapi Ghana di perempat final, kekuatan lini depan Uruguay praktis tinggal berpusat ke Diego Forlan. Dalam skema 4-3-1-2 atau 4-2-3-1 yang mungkin dimainkan Oscar Washington Tabarez dini hari nanti, dia akan tetap menempati posisi di belakang striker utama dan berperan sebagai pembagi bola.

Meski tidak akan ditemani tandem utamanya, Belanda tetap memandang Forlan sebagai pemain yang berbahaya. Oleh karena itu, pelatih Bert van Marwijk sudah menugaskan defender khusus untuk mengawal pergerakan striker Atletico Madrid tersebut. Dia adalah bek tengah John Heitinga.

Pemilihan Heitinga sebagai pengawal Forlan tidak terlepas dari pengalaman dia bermain di Atletico selama musim 2008-2009. Meski hanya semusim, dia sangat mengenal karakter Forlan, serta tahu cara menghentikannya. Apalagi, ketika masih sama-sama membela Alborroja - sebutan Atletico - mereka tergolong berteman dekat.

"Forlan memang pemain yang sangat tajam. Saya masih berhubungan dengannya setelah saya pindah ke Everton pada awal musim 2009. Begitu tahu negara kami bakal bentrok di semifinal, saya mengirim SMS padanya," tutur Heitinga, seperti dikutip situs resmi FIFA. "Isi pesan itu, saya-lah yang bakal membuat pertandingan nanti bagaikan neraka buat dia," lanjutnya sambil lantas tertawa.

CAPE TOWN - Tanpa Luis Suarez yang kena kartu merah saat menghadapi Ghana di perempat final, kekuatan lini depan Uruguay praktis tinggal berpusat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News