Hendra Wakili Kepri di Apacs Junior Masters

Hendra Wakili Kepri di Apacs Junior Masters
Hendra Wakili Kepri di Apacs Junior Masters

jpnn.com - BATAM - Atlet bulutangkis Kepri, Hendra Gustiawan akan mewakili provinsi di Kejuaraan Invitasi Junior Masters, Apacs Junior Masters 2015 di Magelang, Jawa Tengah, 11-16 Januari 2016.

"Hendra akan turun di nomor Ganda Taruna Putra berpasangan dengan Kevin Ezra dari PB Exist Jakarta," jelas pelatih Hendra di klub Bandabaru, Zainal Arifin, seperti dikutip dari batampos.co.id (grup JPNN), Selasa (12/1).

Sebenarnya, Apacs Junior Masters 2015 seharusnya digelar pada Desember 2015, namun terpaksa diundur karena pada saat itu Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) juga tengah digelar di Jakarta.

Apacs Junior Masters 2015 merupakan ajang yang diprakarsai oleh PBSI pusat untuk mencari atlet muda berbakat."Lewat penyelenggaraan turnamen ini, PBSI ingin mengetahui atlet potensial untuk masa depan Indonesia," jelas pelatih fisik Pelatihan Nasional (Pelatnas) PBSI pusat, Iwan Hermawan.

Kejuaraan ini akan diikuti 26 klub bulutangkis dari sembilan daerah, yaitu Kepulauan Riau, Bali, Banten, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, DKI Jakarta, Kalimantan Timur dan Sulawesi Utara. Jumlah peserta yang ikut sebanyak 142 atlet, terdiri dari 71 atlet putra dan 71 atlet putri.

Apacs Junior Masters 2015 akan mempertandingkan dua kelompok usia, yaitu remaja (U-17) dan taruna (U-19). Di kategori tersebut akan mempertandingkan lima nomor, yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran. Nomor tunggal akan dibagi empat pool, sementara ganda dibagi menjadi dua pool.

Sistem pertandingan yang digunakan adalah sistem round robin dengan skor 3x21 poin. Penilaian pemenang Apacs Junior Master 2015 dibagi menjadi tiga bagian yaitu 50 persen teknik, 30 persen fisik dan 20 persen dari penilaian tim panelis yang telah ditunjuk PP PBSI.

“Ada tiga komponen penilaian dari junior masters ini. Yaitu dari pesisi permainan, fisik dan pengamatan pelatih. Persentasenya 50 persen permainan, 30 persen fisik dan 20 persen pengamatan pelatih,” tutup Iwan.(leo/ray)


BATAM - Atlet bulutangkis Kepri, Hendra Gustiawan akan mewakili provinsi di Kejuaraan Invitasi Junior Masters, Apacs Junior Masters 2015 di Magelang,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News