Hilal Tak Terlihat di Makassar

Hilal Tak Terlihat di Makassar
Hilal Tak Terlihat di Makassar
MAKASSAR - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah IV Makassar, Sulawesi Selatan memastikan hilal tak terlihat di kota Makassar. Kepastian ini diperoleh setelah BMKG bersama dengan observatorium Boscha melakukan pengamatan di Global Trade Centre Makassar, Kamis (19/8).

Badan Hisab Rukiyat (BHR) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Abas Fadil mengatakan berdasarkan pengamatan yang dilakukan setelah matahari terbenam hilal belum kelihatan. "Sesuai dengan pengamatan setelah matahari terbenam sekira pukul 18.04 Waktu Indonesia Tengah (WITA),  hilal tidak bisa terlihat," kata Abas.

Abas menjelaskan, hilal tidak terlihat karena ketinggiannya 1 derajat 27 menit. Dengan posisi ini, kata dia, hilal sangat sulit terlihat meski menggunakan alat teropong. "Kita pakai alat apapun tidak bisa terlihat," pungkasnya.

Pengamatan hilal ini selanjutnya akan dilaporkan ke Jakarta untuk dijadikan pertimbangan dalam menentukan 1 Ramadan. Saat ini, sidang isbat masih tengah dilakukan sambil menunggu laporan dari pengamatan hilal dari daerah. (awa/jpnn)


MAKASSAR - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah IV Makassar, Sulawesi Selatan memastikan hilal tak terlihat di kota Makassar.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News