HLUN 2023 di Dharmasraya Diisi Berbagai Kegiatan, Ini Tujuannya

HLUN 2023 di Dharmasraya Diisi Berbagai Kegiatan, Ini Tujuannya
Mensos Tri Rismaharini saat memberikan sambutan pada puncak peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-27 di Dharmasraya, Sumatra Barat, Senin (29/5). Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, DHARMASRAYA - Kementerian Sosial menyelenggarakan acara puncak peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) dengan tema Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat di Kabupaten Dharmasraya, Sumatra Barat, Senin (29/5).

Mensos Tri Rismaharini dalam sambutan menyatakan HLUN 2023 diisi dengan berbagai kegiatan, salah satu operasi katarak.

"Sering kali para lansia ini takut atau tidak punya uang sehingga mereka tidak berani untuk melakukan operasi mata," kata Risma.

Dia menjelaskan dampak dari katarak itu bisa menimbulkan kebutaan. Bahkan, tak jarang anak-anak juga menderita penyakit yang sama.

"Kami bekerjasama dengan Persatuan Dokter Mata Seluruh Indonesia dan dilakukan rutin. Jadi, bukan hanya acara seremonial, tetapi terus-menerus setiap bulan," lanjutnya. 

Eks Wali Kota Surabaya itu menyebutkan operasi itu giat dilakukan untuk menghindari resiko kebutaan akibat katarak pada lansia.

"Mereka (lansia) kalau sudah terlanjur buta akan menjadi beban atau minimal membutuhkan perhatian sangat khusus dari keluarganya," jelasnya.

Selain itu, ada juga kegiatan sidang isbat nikah untuk para lansia yang sebelumnya menikah siri.

Kemensos mengadakan rangkaian HLUN ke-27 di Dhamasraya, ini kegiatan yang dilakukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News