Hmmm, Banyak Lowongan CPNS Sepi Peminat

Hmmm, Banyak Lowongan CPNS Sepi Peminat
Peserta sesi kedua seleksi tes Kompentensi Dasar (SKD) CPNS Kemenkumham melalui computer assisted test (CAT) di kantor Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Regional VIII Banjarmasin, Banjarbaru, Selasa (12/9). Foto: Kemenkumham

jpnn.com, JAKARTA - Pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) gelombang kedua 2017 sudah ditutup pada 26 September. Jumlah pendaftar yang sudah masuk tahap seleksi administrasi mencapai 1.295.925 orang.

Menurut Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan, ada formasi yang kurang peminat. Namun, ada pula formasi yang jumlahnya terbatas tapi jadi incaran banyak pendaftar.

Dia mencontohkan formasi untuk BKN yang mencapai 212 posisi dengan jumlah pendaftar 8.034 orang. Artinya, satu formasi diperebutkan 38 orang.

Sedangkan formasi-formasi yang sepi peminat adalah untuk lulusan cum laude. Yaitu analis kerja sama, perancang peraturan, analis hukum untuk kantor regional BKN di Banjarmasin, Manado, Banda Aceh, Manokwari. Juga Pranata Komputer untuk Kanreg: Banda Aceh, Palembang.

"Formasi yang diperebutkan biasanya syaratnya lebih mudah dipenuhi pelamar. Ambil contoh penjaga lapas, pelamar lulusan SMA/sederajat bisa melamar," terang Ridwan yang dihubungi, Minggu (1/10).

Ada lima instansi dengan jumlah pelamar terbanyak. Yakni Kemendikbud (162.225 pendaftar), Kemenkeu (146.703 pendaftar), Kemenkes (115.017 pendaftar), Kementan (80.306 pendaftar) dan Kejagung (78.847 pendaftar).

Sedangkan lima instansi memiliki jumlah pelamar terendah. Yakni Lemsaneg (62 pendaftar), Kemenko Perekonomian 328 (pendaftar), Pengawas Tenaga Nuklir (891 pendaftar), Kemenpar (1.362 pendaftar), dan KemenPAN-RB (1.670 pendaftar).(esy/jpnn)


Pendaftaran seleksi CPNS gelombang kedua sudah ditutup pada 26 September. Jumlah pendaftar yang sudah masuk tahap seleksi administrasi mencapai 1.295.925 orang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News