Hmmm, Masih Ada Peserta Seleksi CPNS Nekat Berbuat Curang

Hmmm, Masih Ada Peserta Seleksi CPNS Nekat Berbuat Curang
Peserta sesi kedua seleksi tes Kompentensi Dasar (SKD) CPNS Kemenkumham melalui computer assisted test (CAT) di kantor Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Regional VIII Banjarmasin, Banjarbaru, Selasa (12/9). Foto: Kemenkumham

jpnn.com, JAKARTA - Upaya untuk berbuat curang mewarnai pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) computer assisted test (CAT) CPNS Kementeriaan Hukum dan HAM (Kemenkumham) 2017 yang digelar di MG Setos Hotel, Semarang, Rabu (13/9). Petugas pengawas menemukan peserta tes yang menyembunyikan seperangkat alat komunikasi di balik pakaiannya.

"Jadi peserta ini punya niat untuk curang demi lulus SKD menggunakan  CAT BKN. Dia nekat bekerja sama dengan joki melalui alat komunikasi tersebut," ungkap Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan, Sabtu (16/9).

Karena terbukti curang, lanjutnya, peserta tes CPNS itu langsung dianulir dan dimasukkan daftar hitam (black list). Pelaku juga langsung diserahkan ke kepolisian.

Polisi juga sudah memastikan tidak ada panitia seleksi ataupun pihak Kemenkumham yang terlibat dalam kecurangan itu. "Dari hasil penyelidikan polisi di Polsek Semarang Tengah, tidak ada panitia BKN maupun Kemenkumham yang terlibat dalam tindakan peserta tersebut," ucapnya.

Sedangkan di Sulawesi Selatan juga ada peserta yang mencoba berbuat curang. Pelaku yang berjenis kelamin perempuan sengaja membawa kamera dan menyembunyikannya di dalam organ vitalnya.

Namun, pengawas mengetahuinya. Peserta yang berusaha curang itu langsung dikeluarkan dari tempat tes.(esy/jpnn)


Ada peserta tes CAT untuk seleksi CPNS Kemenkumham di Semarang yang nekat membawa perangkat komunikasi untuk berhubungan dengan joki.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News