HNW: Bawalah Kedamaian Idulfitri Menjadi Kesadaran Politik

HNW: Bawalah Kedamaian Idulfitri Menjadi Kesadaran Politik
Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid, Sabtu (16/6/2018) saat menggelar open house silaturahmi hari ke-2 Hari Raya Idulfitri 1439 H untuk berbagai kalangan masyarakat. Foto: Humas MPR

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid, Sabtu (16/6/2018) menggelar open house silaturahmi hari ke-2 Hari Raya Idulfitri 1439 H untuk berbagai kalangan masyarakat.

Bersama istri, di rumah dinas Wakil Ketua MPR RI Jakarta, HNW menyambut kedatangan tamu untuk bersilaturahmi merayakan hari raya.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua MPR RI Ahmad Muzani dan anggota Lembaga Pengkajian MPR Harun Kamil.

Di tengah-tengah acara, HNW menyatakan bahwa momen Ramadan dan Idulfitri adalah saat dimana masyarakat Islam Indonesia memperlihatkan Islam yang sesungguhnya, yakni Islam yang sangat menyejukkan dan damai.

Menurut HNW, mulai hari pertama Ramadan sampai hari kedua Idulfitri ini, apa yang dikerjakan umat Islam yakni hal-hal yang mempersatukan dan menyejukkan antara lain acara buka puasa bersama dengan mengundang berbagai kalangan masyarakat, bagi-bagi takjil, berbagi kepada kaum dhuafa dan anak-anak yatim, tarawih, I’tikaf di masjid. Selain itu, membayar zakat kepada fakir miskin, lalu ketika hari raya menggelar open house terbuka kepada masyarakat luas bersilaturahmi dan bermaaf-maafan.

Lebih lanjut, HNW mengatakan banyak sekali umat Islam yang menyebar ke berbagai daerah pulang kampung dengan satu tujuan bersilaturahmi, halal bihalal, saling meminta dan memberi maaf. Ternyata, beragama itu sangat penuh keramahan, kegembiraan, kesejukan, tidak ada sama sekali kegiatan-kegiatan radikal, ekstrim, terorisme yang menganggu masyarakat.

“Dari fakta-fakta tersebut, maka berhentilah mengaitkan Islam dengan kekerasan, radikal, dan terorisme. Lihatlah kesejukan yang Islam tampilkan selama Ramadan dan Idulfitri,” ungkapnya.

HNW mengingatkan bahwa beragama itu dalam konteks Indonesia adalah faktor yang menguatkan kehidupan bangsa Indonesia sebagai manusia, sebagai anggota masyarakat dan negara.

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid, Sabtu (16/6/2018) menggelar open house silaturahmi hari ke-2 Hari Raya Idulfitri 1439 H untuk berbagai kalangan masyarakat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News