HNW: Berpolitik Bagian dari Bela Negara

HNW: Berpolitik Bagian dari Bela Negara
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid. Foto: MPR

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) mengatakan, edukasi serta pemahaman politik yang baik, terutama untuk kaum milenial, harus terus disuarakan.

Dia menyampaikan hal itu saat memberi sambutan di hadapan sekitar 560 pelajar SMA dan SMK se-Jakarta Selatan, student care, forum OSIS dan Pemuda Jakarta Anti Narkoba dalam acara Generation Z Peduli Politik bertema Pentingnya Pemahaman Politik Yang Baik, Benar dan Berakhlak Untuk Kalangan Pelajar SMA yang digelar Forum Pelajar Bela Negara Se-Indonesia di ruang rapat Gedung Nusantara V, Kompleks Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, Selasa (9/4/2019).

“Ini yang harus dipahami generasi milenial bahwa politik itu tidak hanya sekadar diartikan perebutan jabatan atau hanya ramai setiap lima tahun sekali karena pemilu,” terang HNW.

Dia menambahkan, politik adalah sebuah kegiatan yang kemudian berorientasi untuk menghadirkan kebijakan yang membawa manfaat  sebesar-besarnya dan sebanyak-banyaknya untuk warga bangsa di mana kegiatan politik itu dilaksanakan.

“Politik merupakan pelaksanaan demokrasi yang sebenar-benarnya. Bukan pelaksanaan democrazy,” terang HNW.

Berpolitik, lanjut HNW, adalah juga menjadi bagian dari implementasi bela negara. 

Sebuah keputusan politik terkait bela negara yang menyebabkan munculnya Keppres No.28 masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang menetapkan tanggal 19 Desember sebagai Hari Bela Negara (HBN) terekam dalam sejarah negara Indonesia.

Yakni peristiwa Deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia oleh Sjafruddin Prawiranegara di Sumatra Barat pada 19 Desember 1948 ketika pemerintahan Republik Indonesia di Yogyakarta jatuh ke tangan Belanda dalam Agresi Militer ke-II.

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) mengatakan, edukasi serta pemahaman politik yang baik, terutama untuk kaum milenial, harus terus disuarakan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News