HNW: Dalam Pancasila Terkandung Nilai-nilai Ajaran Islam

HNW: Dalam Pancasila Terkandung Nilai-nilai Ajaran Islam
Wakil Ketua MPR-RI sekaligus Anggota Komisi VIII DPR RI yang Hidayat Nur Wahid (HNW) menyatakan dalam Pancasila mengandung ajaran Islam. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, BANDUNG - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mengatakan, Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara yang digali para pendiri bangsa Indonesia, ternyata tidak bertentangan dengan Islam.

Menurut dia, jika dikaji secara mendalam Pancasila mengandung nilai-nilai Islam yang sangat kuat dan jelas.

"Seperti ada istilah adil, beradab, kerakyatan, hikmat, permusyawaratan," ungkap dia dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu (13/3).

Contoh lainnya, lanjut dia, terlihat pada salah satu bidang ilmu dalam syariat Islam yang secara khusus membahas lima tujuan yang ingin didapat seorang muslim dalam beragama, dikenal sebagai Dhorruriyat al-Khoms.

HNW memaparakan, pertama Hifdzu Ad-Din bermakna seorang muslim mesti berjuang menjaga agama.

“Hal ini sangat sesuai dengan perjuangan keras dan ulet para pendiri bangsa dalam menghadirkan sila pertama Pancasila Ketuhanan Yang Maha Esa untuk memunculkan masyarakat Indonesia yang bertuhan,” kata dia.

Kemudian, lanjut HNW Hifdzu Ad-Din betul-betul menjadi sesuatu yang nyata dalam wujud sila pertama Pancasila.

"Luarbiasanya, ternyata bisa disepakati para tokoh pendiri bangsa dari berbagai aliran agama dan politik yang berbeda," ujar dia.

HNW menyatakan Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara yang digali para pendiri bangsa Indonesia, ternyata tidak bertentangan dengan Islam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News