JPNN.com

HNW: Kartini Memiliki Guru yang Sama dengan Pendiri NU dan Muhammadiyah

Sabtu, 10 April 2021 – 20:16 WIB
HNW: Kartini Memiliki Guru yang Sama dengan Pendiri NU dan Muhammadiyah - JPNN.com
Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid alias HNW. Foto Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Dr Hidayat Nur Wahid MA mengatakan April merupakan bulan yang istimewa bagi bangsa Indonesia, khususnya kaum perempuan.

Sebab, pada bulan April diperingati hari lahir RA Kartini, pahlawan bagi para perempuan sekaligus sosok yang menginspirasi kaum hawa untuk berjuang dan meraih mimpi seperti yang bisa dilakukan pria. 

Menurut Hidayat, dalam kaitan dengan Persaudaraan Muslimah (Salimah),  keberhasilan RA Kartini terjadi setelah "nyantri" kepada Kiai Sholeh Darat dari Semarang, Jawa Tengah.

Dia menjelaskan bahwa Kiai Sholeh Darat adalah guru dari KH Ahmad Dahlan pendiri Muhammadiyah, dan KH Hasyim Asy'ari pendiri Nahdlatul Ulama (NU).

Artinya, Hidayat menjelaskan, RA Kartini dengan KH Ahmad Dahlan dan KH Hasyim Asy'ari, berasal dari satu guru yang sama.

"Setelah mendapat pencerahan dari Kiai Soleh Darat, Kartini berhasil menciptakan buku Habis Gelap Terbitlah Terang yang tetap melegenda hingga saat ini," katanya.

Hidayat menyampaikan itu saat saat menjadi narasumber secara daring pada acara Temu Tokoh Nasional kerja sama MPR RI dengan Persaudaraan Muslimah Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

Acara tersebut berlangsung di Wisma Mala'bi, Jala Pababari Mamuju, Sulawesi Barat, Sabtu (10/4).

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...