HNW: Kartini Memiliki Guru yang Sama dengan Pendiri NU dan Muhammadiyah

HNW: Kartini Memiliki Guru yang Sama dengan Pendiri NU dan Muhammadiyah
Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid alias HNW. Foto Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Dr Hidayat Nur Wahid MA mengatakan April merupakan bulan yang istimewa bagi bangsa Indonesia, khususnya kaum perempuan.

Sebab, pada bulan April diperingati hari lahir RA Kartini, pahlawan bagi para perempuan sekaligus sosok yang menginspirasi kaum hawa untuk berjuang dan meraih mimpi seperti yang bisa dilakukan pria. 

Menurut Hidayat, dalam kaitan dengan Persaudaraan Muslimah (Salimah),  keberhasilan RA Kartini terjadi setelah "nyantri" kepada Kiai Sholeh Darat dari Semarang, Jawa Tengah.

Dia menjelaskan bahwa Kiai Sholeh Darat adalah guru dari KH Ahmad Dahlan pendiri Muhammadiyah, dan KH Hasyim Asy'ari pendiri Nahdlatul Ulama (NU).

Artinya, Hidayat menjelaskan, RA Kartini dengan KH Ahmad Dahlan dan KH Hasyim Asy'ari, berasal dari satu guru yang sama.

"Setelah mendapat pencerahan dari Kiai Soleh Darat, Kartini berhasil menciptakan buku Habis Gelap Terbitlah Terang yang tetap melegenda hingga saat ini," katanya.

Hidayat menyampaikan itu saat saat menjadi narasumber secara daring pada acara Temu Tokoh Nasional kerja sama MPR RI dengan Persaudaraan Muslimah Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

Acara tersebut berlangsung di Wisma Mala'bi, Jala Pababari Mamuju, Sulawesi Barat, Sabtu (10/4).

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid atau HNW mengatakan bahwa RA Kartini dengan KH Ahmad Dahlan dan KH Hasyim Asy'ari, berasal dari satu guru yang sama, yakni Kiai Sholeh Darat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News