HNW Sampaikan Umat Islam Siap Bekerja Sama dengan Siapa pun Demi Kemaslahatan Bangsa

HNW Sampaikan Umat Islam Siap Bekerja Sama dengan Siapa pun Demi Kemaslahatan Bangsa
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (kiri) dan pengamat politik Rocky Gerung tampil bersama sebagai narasumber dalam dialog kebangsaan yang merupakan rangkaian acara milad XXI Ikatan Dai Indonesia (Ikadi), Sabtu (29/7). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA TIMUR - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid dan pengamat politik Rocky Gerung tampil bersama sebagai narasumber dalam dialog kebangsaan yang merupakan rangkaian acara milad XXI Ikatan Dai Indonesia (Ikadi), Sabtu (29/7).

Dialog kebangsaan yang mengangkat tema 'Peran Dai Perekat Umat Menuju Pemilu 2024 yang Beradab’ menghadirkan Sekjen MUI Amirsyah Tambunan juga sebagai narasumber.

Hidayat mengaku tampil bersama Rocky Gerung tokoh nonmuslim bukan kali pertama.

Politikus senior Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu sudah biasa menjadi narasumber dialog berdampingan dengan berbagai tokoh dari beragam agama, kelompok, dan ormas.

“Sudah biasa berdampingan dengan berbagai tokoh dari lintas agama," ujar HNW yang akrab disapa.

Alumnus Pondok Pesantaren Gontor itu menyebutkan pekan lalu mengadakan temu tokoh nasional di Manado, Sulawesi Utara.

Dalam acara itu, kata HNW, hadir banyak pendeta dari perwakilan beragam gereja di samping tokoh-tokoh umat Islam sendiri.

Menurut HNW, pertemuan lintas agama disebut tradisi yang sudah biasa dia lakukan dan terus dilanjutkan oleh ormas maupun partai Islam.

”Hal demikian menunjukan bahwa umat Islam dari sejak dulu seperti pada zaman perjuangan kemerdekaan adalah umat yang terbuka, membuka diri, dan siap bekerja sama dengan siapapun untuk kemaslahatan bangsa dan negara," tegas HNW.

Dari berbagai macam pertemuan, HNW berharap agar umat Islam jangan sampai disekat, dipecah, apalagi distigma tidak toleran, tidak bisa berdialog, dengan kelompok manapun.

“Hari ini Ikadi dan umat Islam membuktikan kembali bahwa ada relasi yang positif dan konstruktif antara umat Islam dan umat dari agama yang lain, dan ada hubungan historis konstruktif antara Umat Islam dengan bangsa dan negara Indonesia,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, HNW bersyukur Ikadi telah berusia 21 tahun.

Tampil bersama Rocky Gerung yang merupakan tokoh non-muslim dalam dialog kebangsaan, HNW singgung keterbukaan umat Islam, simak selengkapnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News