Nobar Wayang Kulit Lakon Bimo Bangkit, HNW Apresiasi Keterlibatan Generasi Milenial

Nobar Wayang Kulit Lakon Bimo Bangkit, HNW Apresiasi Keterlibatan Generasi Milenial
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid saat menghadiri pagelaran wayang kulit memperingati Milad ke II Komunitas Wayang Nusantara (KWN) sekaligus HUT ke-495 Jakarta, Sabtu (15/7). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA TIMUR - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid turut menghadiri acara menonton bareng alias nobar pagelaran wayang kulit memperingati Milad ke II Komunitas Wayang Nusantara (KWN) sekaligus HUT ke-495 Jakarta, Sabtu (15/7).

Pertunjukan yang berlangsung di lapangan Balai Kota Jakarta Timur itu menghadirkan dalang milenial Ki Totok Asmoro dkk dengan lakon 'Bimo Bangkit.

Politikus senior Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu dalam sambutannya sebelum pentas wayang dimulai mengungkapkan sejak kecil di kampung halamannya di Klaten, Jawa Tengah, sudah dibiasakan menonton wayang.

“Sampai malam hingga menikmati Goro-Goro di mana para punakawan, seperti Semar, Gareng, Petruk, dan Bagong menghibur para penonton," kenang HNW yang akrab disapa.

Alumni Pondok Pesantren Gontor itu menyampaikan apresiasi dan selamat kepada KWN dan Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) yang terus bersemangat dan berjuang untuk melanjutkan dan melestarikan wayang sebagai budaya bangsa yang adiluhung, mengharumkan nama Indonesia hingga diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia.

Dia menilai sekalipun di tengah arus globalisasi, bangsa Indonesia masih berkomitmen menjaga dan melestarikan wayang kulit sebagai budaya unggulan.

Hal ini dibuktikan dengan hadirnya dalang-dalang dari generasi milenial, dan banyaknya anak-anak yang ikut menyaksikan pagelaran wayang kulit.

“Ini semua patut didukung, apalagi banyaknya generasi milenial yang bukan hanya menggemari, tetapi bahkan menjadi dalang dalam pertunjukan wayang kulit. Ini menunjukkan generasi muda ternyata tidak putus dengan budaya bangsanya. AlhamdulilLlah,” ucapnya.

Pagelaran wayang kulit malam itu dikatakan HNW sebagai bukti untuk menegaskan kembali komitmen mewujudkan cita-cita Presiden Soekarno dengan gotong royongnya agar menjadi inspirasi dan berkontribusi menghadirkan Indonesia jaya raya, makmur berdaulat dan bermartabat.

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mengapresiasi keterlibatan generasi milenial dalam pertunjukkan wayang kulit

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News