Hoaks Gunakan AI Bermunculan Jelang Pemilu, Kompol Bery Ingatkan Warga Pekanbaru Waspada

Hoaks Gunakan AI Bermunculan Jelang Pemilu, Kompol Bery Ingatkan Warga Pekanbaru Waspada
Kasatreskrim Polresta Pekanbaru Kompol Bery Juana Putra. Foto:Rizki Ganda Marito/JPNN.com.

jpnn.com, PEKANBARU - Polresta Pekanbaru mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada terhadap penyebaran hoaks, terutama yang dibuat menggunakan kecerdasan buatan (AI).

Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru Kompol Bery Juana Putra mengatakan hoaks menggunakan AI memang sudah cukup meresahkan.

Pasalnya, informasi yang disebarkan tersebut sangat sulit untuk dibedakan dengan yang benar.

"Untuk di Kota Pekanbaru sendiri belum ada ya. Makanya kami selalu ingatkan masyarakat agar selalu waspada dan jangan cepat percaya dengan informasi yang beredar," kata Bery, Kamis (25/1).

Kompol Bery menjelaskan hoaks menggunakan AI biasanya dibuat dengan cara menyunting video atau audio sehingga seolah-olah menampilkan kejadian yang tidak benar.

Contohnya, video Presiden Jokowi berpidato dengan menggunakan bahasa Mandarin atau rekaman suara Forkompinda Batubara mendukung salah satu Capres.

"Hoaks seperti ini memang sangat sulit untuk dibedakan dengan informasi yang benar. Makanya, kita harus selalu waspada dan jangan mudah percaya," ungkap Bery.

Mantan Kasatreskrim Polres Kampar ini mengimbau masyarakat untuk selalu cek dan ricek kebenaran informasi yang diterima.

Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru Kompol Bery Juana mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada terhadap penyebaran hoaks yang bermunculan menjelang Pemilu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News