Hong Kong Batasi Turis Hamil asal Cina

Hong Kong Batasi Turis Hamil asal Cina
Hong Kong Batasi Turis Hamil asal Cina
HONGKONG—Pemerintah Hong Kong berencana membatasi layanan bersalin bagi perempuan asal Cina daratan. Ini untuk menyikapi meningkatnya trend di kalangan perempuan Cina, yang ingin melahirkan di bekas koloni Inggris tersebut agar kelak anak-anak mereka mendapatkan kewarganegaraan Hongkong.

Seperti dilansir BBC, Rabu (25/4)  kelak dengan aturan ini diberlakukan para perempuan Cina daratan yang ingin melahirkan di Hong Kong harus mempunyai suami yang merupakan warga negara Hongkong.

Aturan ini sendiri diberlakukan untuk mencegah dampak negatif yang bisa ditimbulkan oleh meningkatnya populasi dan persaingan pencari kerja di kota pelabuhan itu. Pasalnya seorang bayi Cina yang lahir di Hongkong secara otomatis mendapatkan paspor setempat dan izin bebas bekerja di negara itu.

Tahun 2010 lalu hampir setengah bayi yang lahir di Hong Kong berasal dari perempuan asal Cina daratan. Mereka sengaja bepergian ke Hong Kong menjelang persalinan. Ini kemudian menyulut protes warga setempat. Bagi sebagai warga Cina memiliki paspor Hongkong dinilai lebih mudah digunakan saat bepergian ke luar negeri.

HONGKONG—Pemerintah Hong Kong berencana membatasi layanan bersalin bagi perempuan asal Cina daratan. Ini untuk menyikapi meningkatnya trend

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News