Honorer Dihapus, Wabup Era Sodorkan Solusi, Non-ASN Pasti Gembira Ria

Honorer Dihapus, Wabup Era Sodorkan Solusi, Non-ASN Pasti Gembira Ria
Wakil Bupati Nias Barat Era Era Hia memberikan solusi menghadapi kebijakan penghapusan honorer. Foto: dokumentasi pribadi for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Bupati Nias Barat Era Era Hia menilai kebijakan penghapusan honorer sebagaimana tertuang dalam satu poin di SE MenPAN-RB tentang Status Kepegawaian di Lingkungan Instansi Pusat dan Daerah akan berdampak luas.

Era Era Hia mengatakan, dampak kebijakan tersebut bukan hanya terhadap honorer itu sendiri, tetapi juga kepada masyarakat luas.

"Saya ngeri membayangkan kalau sampai kebijakan penghapusan honorer ini dilakukan," kata Wabup Era kepada JPNN.com, Kamis (7/7).

Pria kelahiran 19 Februari 1974 itu mengatakan, salah satu dampak yang akan terjadi adalah angka pengangguran makin tinggi.

Ketika pengangguran tinggi, tingkat kriminalitas akan terdongkrak sehingga stabilitas keamanan dan sosial terganggu.

Belum lagi, penghapusan honorer akan menyebabkan tingkat kemiskinan makin tinggi.

Saat ini tingkat kemiskinan di Kabupaten Nias Barat mencapai angka 26,42 persen.

Jauh lebih tinggi dibandingkan Provinsi Sumatera Utara sebesar 8,49 persen Sumut. Juga secara nasional sebesar 9,71 persen.

Wabup Era Era Hia menyodorkan solusi untuk mengatasi kebijakan penghapusan honorer, pegawai non-ASN pasti mendukung. Silakan simak, keren.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News