Horeee... KA Bandara Soekarno-Hatta Sudah Siap Dioperasikan

Horeee... KA Bandara Soekarno-Hatta Sudah Siap Dioperasikan
Kereta Bandara Soekarno-Hatta. Foto: Indopos/JPNN

jpnn.com - Arus wisatawan dan juga penumpang menuju Bandara Soekarno-Hatta dipastikan akan makin lancar. Hal ini menyusul bakal segera dioperasikannya KA Bandara Soekarno-Hatta dari Stasiun Manggarai dan Sudirman di Jakarta menuju airport terbesar di Indonesia itu.

Menteri BUMN Rini Soemarno usai melakukan uji coba KA Bandara Soekarno-Hatta beberapa waktu lalu mengatakan, Presiden Joko Widodo akan meresmikan moda transportasi baru itu. "Saya sudah coba dari mulai pesan tiket hingga keluar gate. Semua berjalan lancar. Insyaallah bisa dioperasikan sebelum Natal (2017)," ujar Rini.

Dia mengharapkan pengoperasian KA Bandara Soekarno Hatta akan mampu menarik minat masyarakat untuk menggunakan transportasi umum, khususnya menuju bandara. Sehingga, ke depan terjadi pengalihan sebagian pengguna transportasi berbasis jalan raya ke berbasis rel pada koridor Jakarta-Bandara Soekarno-Hatta. 

Lebih lanjut Rini mengatakan, pembangunan KA Bandara Soekarno Hatta merupakan wujud sinergitas BUMN atau yang juga kerap disebut sebagai Indonesia Incorporated. Sebab, realisasinya melibatkan sejumlah BUMN.

Misalnya, PT KAI membangun prasarana untuk menunjang pengoperasian KA yang meliputi track baru sepanjang 12,1 KM dari Batuceper sampai Bandara Soekarno-Hatta. Pembangunan prasarana itu lengkap dengan jaringan listrik aliran atas (LAA) dan gardu induknya, persinyalan dan telekomunikasi KA, stasiun (Sudirman Baru-Duri-Batuceper), serta depo pemeliharaan KRL Railink.

Sementara PT Angkasa Pura (AP) II membangun stasiun di Bandara Soekarno-Hatta dan konektivitas ke automated people mover system (APMS) atau skytrain untuk menghubungkan stasiun KA bandara dengan seluruh terminal keberangkatan penerbangan.

Sedangkan PT Railink yang bertindak sebagai operator KA Bandara melakukan pengadaan sarana, interior stasiun dan kantor, maintenance tools, overhead crane, rekrutmen pegawai dan lain-lain.

Selain melibatkan KAI, juga ada PT Len Industri (Persero) yang membangun persinyalan, serta PT INKA (Persero) sebagai pembuat keretanya. "Jadi ini semua hasil karya anak bangsa, bahkan sistem ticketing tadi juga dikembangkan sendiri oleh Railink," tambah Rini. 

Arus wisatawan dan juga penumpang menuju Bandara Soekarno-Hatta dipastikan akan makin lancar dengan beroperasinya KA Bandara oleh PT Railink.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News