Hub.ID Membantu Meningkatkan Kredibilitas Startup

Hub.ID Membantu Meningkatkan Kredibilitas Startup
PIC Hub.ID Accelerator Damayanti (kedua dari kiri), CEO dan Co-Founder Amoda Robin Yovianto (kedua dari kanan), dan CEO & Co Founder Kecilin.id Bisma Manda Samsu (paling kanan). Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kembali mengadakan kegiatan program Hub.ID Accelerator.

Kegiatan tahun ini masih berfokus pada pengembangan dan peningkatan startup lokal Indonesia melalui akses pendanaan serta kerja sama bisnis dengan memanfaatkan jaringan luas BUMN, korporasi, dan sektor pemerintah.

Selama tiga tahun berjalan, program Hub.ID Accelerator memfasilitasi startup lokal Indonesia dengan sektor yang berbeda-beda guna memperluas fokus pengembangan dan peningkatkan startup, dimulai dari tahun 2021 dengan tujuh sektor startup, yaitu Agriculture & Aquaculture, Healthcare, Fintech, Logistics, Edutech, Tourism, and Smart City/Gov Solution.

Dilanjutkan di tahun 2022 dengan lima sektor, yaitu Financial Services, B2B/Enterprise Solution/Govtech, Logistics, SME Enabler, Agriculture & Aquaculture.

Serta di tahun 2023 masih mengangkat lima sektor startup, yaitu Financial Technology, SME Enablers & Logistic, ESG Related, Agritech & Fisheries, dan juga Healthtech.

Setiap tahunnya jumlah startup pendaftar program HUB.ID Accelerator terus bertambah, yang mana di tahun 2021 terpilih 43 startup dan di tahun 2022 terpilih 24 startup yang berkesempatan untuk dibina dan mengikuti rangkaian program Hub.ID Accelerator mulai dari Business Mentoring, Business Matchmaking, Networking Session, dan Demo Day.

Sedangkan di tahun 2023, dari 116 pendaftar terpilih 25 Startup untuk mengikuti rangkaian program, yaitu Business Mentoring & Pitch Training, Business Matchmaking, Partner Day, IP Research Matchmaking, dan Networking Session.

Dari rangkaian program yang berjalan di tahun 2021, Hub.ID Accelerator telah berhasil menjalankan 100 peluang kerja sama bisnis, 30 kerja sama bisnis, dan dua investasi baru yang didapatkan oleh startup dagangan, HiPajak, FisLog, MyRobin, Chickin Indonesia, Educourse, dan Lister.

Kemenkominfo kembali mengadakan kegiatan program Hub.ID Accelerator untuk mengembangkan dan meningkatkan startup lokal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News