Huh Siap Balas Dendam

Huh Siap Balas Dendam
DENDAM - Pelatih Huh Jung-moo (jas abu-abu) bersama rombongan timnas Korsel, saat baru sampai di Afsel, 5 Juni lalu. Foto: AFP Photo/Jung Yeon-je/FIFA.com.
JOHANNESBURG - Dua puluh empat tahun yang lalu, tepatnya di Piala Dunia (PD) Meksiko 1986, Huh Jung-moo yang masih aktif sebagai gelandang timnas Korsel, dipermalukan oleh Diego Maradona. Dalam laga perdana Grup A, Argentina yang dikomandani Maradona mengalahkan Korsel dengan skor telak 3-1.

Kekalahan itu cukup membekas bagi Huh. Sebab, setelah hasil negatif di laga perdana itu, Korsel tidak mampu bangkit. Sukses menahan imbang Bulgaria 1-1 pun jadi tidak berguna, karena Korsel tetap harus angkat koper, tepat setelah fase grup berakhir.

Sebaliknya, Maradona juga tidak bisa melupakan laga yang digeber di Stadion Olimpico Universitario, 2 Juni 1986 tersebut. Penyebabnya, apa lagi kalau bukan Huh. Gelandang yang sekaligus diplot sebagai kapten Korsel itu, saat itu mendapat tugas khusus untuk mengawal Maradona. Tak terhitung berapa kali dia melancarkan tekling keras kepada Maradona.

"Saya mengingat Huh dengan baik. Sangat baik malah," ucap Maradona, sebagaimana dilansir Reuters. "Waktu itu, Piala Dunia 1986, orang Korea main taekwondo, bukan sepak bola. Mereka melancarkan jurus-jurus taekwondo kepada kami," kenangnya.

JOHANNESBURG - Dua puluh empat tahun yang lalu, tepatnya di Piala Dunia (PD) Meksiko 1986, Huh Jung-moo yang masih aktif sebagai gelandang timnas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News