HUT ke-46, PKT Gencarkan Semangat Transformasi Hijau Industri Pupuk dan Petrokimia

HUT ke-46, PKT Gencarkan Semangat Transformasi Hijau Industri Pupuk dan Petrokimia
Pupuk Kalimantan Timur, perusahaan produsen pupuk urea terbesar di Asia Tenggara menggencarkan transformasi hijau pada perayaan HUT ke-46 di Kamis (7/12). Foto: dok PKT

jpnn.com, JAKARTA - PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) perusahaan produsen pupuk urea terbesar di Asia Tenggara menggencarkan transformasi hijau pada perayaan HUT ke-46 di Kamis (7/12).

Direktur Utama PKT Budi Wahju Soesilo menyampaikan semangat perayaan HUT kali ini, perusahaanya ingin terus menunjukkan komitmen kuat perusahaan dalam menopang produktivitas pertanian dan ketahanan pangan bangsa.

Mengusung tema “Growing Greener, Better Future”, momentum HUT ke-46 Pupuk Kaltim ini sekaligus menjadi penanda akan babak baru pertumbuhan perusahaan untuk menjadi pelopor transformasi hijau di industri pupuk dan petrokimia tanah air. 

Menurut Soesilo, upaya mewujudkan transformasi hijau industri, berbagai inisiatif telah diterapkan oleh Pupuk Kaltim melalui sejumlah program Environment, Social, and Governance (ESG) baik di lini operasional perusahaan maupun di level masyarakat dan lingkungan secara langsung. 

"PKT sudah mencanangkan roadmap dekarbonisasi untuk mencapai target penurunan sebesar 32 persen pada tahun 2030, sejalan dengan target Net Zero Emission pada 2060 yang dicanangkan oleh pemerintah," kata Soesilo seperti dikutip, Senin (11/12).

Wahju menjelaskan melalui roadmap dekarbonisasi yang telah dirancang, program-program inovasi ESG yang digagas oleh Pupuk Kaltim telah berhasil memberikan dampak positif terhadap masyarakat maupun lingkungan. 

Berbagai inisiatif ESG ini pun terbagi menjadi dua etape.

Etape pertama berfokus dalam menerapkan konsep sirkuler ekonomi dan offset carbon melalui berbagai kegiatan, seperti penanaman pohon (Community Forest), penggunaan sepeda dan motor listrik untuk operasional perusahaan, revamping pabrik, hingga penggunaan PLTS Atap di area operasional perusahaan. 

PKT perusahaan produsen pupuk urea terbesar di Asia Tenggara menggencarkan transformasi hijau pada perayaan HUT ke-46 di Kamis (7/12).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News