HUT RI: Pesan Mendagri kepada Warga di Perbatasan Indonesia - Timor Leste

HUT RI: Pesan Mendagri kepada Warga di Perbatasan Indonesia - Timor Leste
Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto: Humas Kemendagri

jpnn.com, KUPANG - Upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI di perbatasan Republik Indonesia dan Republik Demokratik Timor Leste (RI-RDTL), Mota'ain, berlangsung aman dan lancar di Pantai Mota'ain. Upacara dipimpin Staf Ahli Kemendagri Bidang Kemasyarakatan dan Hubungan Antarnegara, Nuryanto.

Pada kesempatan itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahja Kumolo dalam amanat tertulisnya, mendorong pemuda di sepanjang wilayah perbatasan RI/RDTL utama di daerah Kabupaten Belu untuk terus berusaha meningkatkan semangat perjuangan guna mendukung suksesnya pelaksanaan program pembangunan di wilayah itu.

"Isilah kemerdekaan dengan semangat belajar yang sungguh-sungguh sesuai tingkatan ilmu masing-masing. Manfaatkan waktu baik-baik untuk belajar dan belajar, niscaya masa depanmu akan lebih baik,” ajak Nuryanto saat tampil selaku pembina upacara pada detik-detik proklamasi 17 Agustus di Pantai Perbatasan Mota'ain.

Menurut Nuryanto, kemerdekaan yang sudah diraih oleh para pahlawan sejak 72 tahun perlu dihayati dan direnungkan secara mendalaman oleh seluruh elemen masyarakat Indonesia. Sebab kemerdekaan yang dialami bangsa Indonesia direbut dengan susah payah bahkan pertumpahan darah para pahlawan.

“Mari kita tunjukan sikap penghormatan kepada jasa para pahlawan yang sudah gugur dalam perang dengan meningkatkan semangat bekerja bersama dan kerja sama yang semangat lagi untuk menjadikan bangsa kita lebih maju, lebih sejahtera dan lebih bermartabat lagi," tegas Nuryanto.

Menurut Nuryanto, pemerintah pusat dari waktu ke waktu terus memberi perhatian kepada pembangunan di wilayah perbatasan demi tetap terciptanya pemerataan pembangunan berkeadilan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Salah satu bukti serius perhatian pemerintah pusat saat ini yaitu adalah aliran dana APBN dalam jumlah yang cukup besar untuk membiayai pembangunan sarana prasana infrastruktur di wilayah perbatasan.

"Kita semua dari Sabang sampai Merauke punya hak yang sama untuk menikmati pembangunan yang adil merata sesuai harapan kita bersama. Program Nawacita yang digagas pak presiden terus berjalan demi kemajuan bangsa ini," tandasnya.

Upacara peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI di pintu utama perbatasan RI/RDTL kemarin pagi juga dihadiri sejumlah pejabat negara tetangga Timor Leste. Antara lain Kepala Imigrasi, Alfonso dos Reis, Kepala Bea Cukai, Adelaide de Araujo, Kepala PNTL Constancio Marques Lette dan Kepala POM, Napoleon Belo.(mg22/ogi/mg24/ito)


Upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI di perbatasan Republik Indonesia dan Republik Demokratik Timor Leste (RI-RDTL), Mota'ain, berlangsung aman


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News