Hyundai Mobis Kembangkan Teknologi Radar Pendeteksi Penumpang

Hyundai Mobis Kembangkan Teknologi Radar Pendeteksi Penumpang
Hyundai Mobis. Foto: Hyundai

jpnn.com - Meninggalkan anak di dalam mobil masih sering dilakukan oleh para orang tua, saat kondisi mendadak. Padahal hal itu dapat berpotensi cedera, atau bahkan kematian lantaran kehabisan oksigen.

Beberapa produsen mobil bahkan mengembangkan sistem deteksi penumpang kursi belakang berbasis radar, salah satunya ialah Hyundai Mobis. Produsen mobil asal Korea Selatan itu tengah menggembangkan proyek tersebut.

Dilansir Autoindustriya, Sabtu (28/3), Hyundai Mobis telah mengembangkan sistem deteksi penumpang belakang berbasis radar. Sistem itu untuk mencegah bayi dan anak-anak tertinggal di dalam kendaraan.

Sistem tersebut menggunakan sensor pada kursi mobil anak-anak, atau sensor ultrasonik untuk memantau penghuni belakang.

Menurut Hyundai, menggunakan sensor radar dapat meningkatkan akurasi deteksi lantaran mereka menggunakan sensor radar yang sama dengan kendaraan otonom. Sehingga sensor tersebut bisa mendeteksi dan membedakan orang dewasa, bayi, dan hewan peliharaan di kursi belakang.

Hyundai juga menambahkan bahwa sistem bisa menembus pakaian dan mengukur berbagai biosignal seperti micromovements dada penumpang dan aliran darah.

Sistem akan bekerja ketika mendeteksi penumpang yang tertinggal di kursi belakang msaat pengemudi keluar dari kendaraan. Lalu jika ada yang tertinggi, maka akan menggeluarkan suara melalui panel instrumen bahkan smartphone.

Rencananya, sistem ini akan disematkan untuk mobil-mobil baru Hyundai. Hanyaa saja Hyundai tidak menyebutkan kapan mobil itu dirilis di pasar. (mg9/jpnn)

Hyundai Mobis mengembangkan sistem deteksi penumpang belakang berbasis radar. Sistem itu mencegah bayi dan anak-anak tertinggal di dalam kendaraan.


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News