Hyundai Recall Tucson dan Sonata yang Bermasalah di Mesin

Hyundai Recall Tucson dan Sonata yang Bermasalah di Mesin
Ilustrasi logo Hyundai. Foto: Antara

jpnn.com - Hyundai kembali menjalankan program perbaikan atau recall pada sedan Hyundai Sonata Hybrid dan SUV Tucson yang bermasalah di mesin.

Dari hasil investigasi, mesin berpotensi tiba-tiba mati dan pada risiko yang lebih tinggi, yakni terbakar.

Hampir 100 ribu kendaraan Hyundai terkena dampak recall.

Hyundai melaporkan permasalahan itu berada di bantalan batang penghubung, yang memungkinkan rotasi piston untuk bergerak masuk dan keluar dari silinder, bisa aus sebelum waktunya.

Hal itu bisa mengakibatkan suara gemeretak dari mesin, bersama dengan iluminasi lampu peringatan tekanan oli.

Apabila kondisi tersebut tidak ditangani, mesin dapat mengalami kerusakan hingga berhenti beroperasi, dan meningkatkan risiko kecelakaan.

Dalam beberapa kasus, blok mesin dapat menjadi rusak hingga menyebabkan kebocoran oli ke permukaan mesin yang panas, yang berisiko menimbulkan kebakaran.

Pengguna bisa melihat tanda-tanda munculnya masalah itu melalui peringatan-peringatan seperti suara tidak normal (gemeretak) dari mesin, tekanan mesin berkurang, lampu peringatan mesin menyala, lampu tekanan oli menyala, bau terbakar dan kebocoran oli atau munculnya asap.

Hyundai kembali menjalankan program perbaikan atau recall pada sedan Hyundai Sonata Hybrid dan SUV Tucson yang bermasalah di mesin.