I-4 Luncurkan Buku 25 Kisah Ilmuwan Indonesia

I-4 Luncurkan Buku 25 Kisah Ilmuwan Indonesia
Dessy Irawati dalam soft launching buku 25 Ilmuwan Indonesia yang Mendunia. Foto: Amjad/ jpnn

jpnn.com - jpnn.com - Ikatan Imuwan Indonesia Internasional (I-4) menerbitkan Buku 25 Kisah Ilmuwan Indonesia yang mendunia. Buku tersebut diluncurkan, untuk menggugah keinginan pelajar dan masyarakat Indonesia menjadi ilmuwan.

Dessy Irawati FeRSA, mantan ketua I-4 dan salah satu tokoh ilmuwan yang juga tercantum di dalam buku tersebut menegaskan, bahwa penulisan buku tersebut ditujukan agar ada perubahan pola pikir.

"Buku ini ditulis, agar suatu hari nanti tak hanya orang Indonesia yang berpikir jadi tentara, masinis, guru dan sebagainya. Bukan mengecilkan profesi itu, tapi buku ini mengajak agar orang Indonesia, memiliki keinginan menjadi ilmuwan," katanya, dalam peluncuran buku di Graha Martha Tilaar, Senin (20/2) siang.

Menurutnya, proses penulisan buku itupun memiliki kriteria yang tak mudah. Selain dibuat dengan tujuan menceritakan hasil temuan serta kisah hidup ilmuwan yang membuat orang tertarik mengikuti jejaknya, buku juga dibuat melibatkan mentor dan student volunteer.

"Proses seleksinya panjang. kriterianya ketat dan buku ini sangat menarik. Kami berharap setiap kampus di Indonesia ada, ‎jadi buku wajib. Dengan begitu mahaiswa kita Agar memiliki keyakinan, melanjutkan pendidikan sampai ke-S3 agar kualitas pendidikan Indonesia meningkat," tukasnya.

Saat ini, lanjut salah satu direktur di Bank BNI Belanda tersebut, ada 800-an ilmuwan Indonesia yang tersebar di lima benua. Karena itu, proses seleksi juga mempertimbangkan kemerataan gender, memiliki sisi unik untuk dikenalkan, dan memiliki penemuan-penemun luar biasa.

"Selain menunjukkan kehebatan ilmuwan kita, buku juga menunjukkan kemajemukan ilmuwan kita, karena ini banyak yang dilihat dari berbagai disiplin ilmu," tandasnya.

Sementara itu, Mahir Bayasut yang saat ini masih melanjutkan kuliah S3 dan juga Mentor dalam Tim Buku 25 Kisah Ilmuwan Indonesia yang mendunia menjelaskan nahwa isu tentang perkembangan sains di Indonesia ini seolah hilang ditelan bumi.

 Ikatan Imuwan Indonesia Internasional (I-4) menerbitkan Buku 25 Kisah Ilmuwan Indonesia yang mendunia. Buku tersebut diluncurkan, untuk menggugah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News