Skandal Doping Rusia

IAAF Ancam Jatuhkan Sanksi Permanen ke Rusia

IAAF Ancam Jatuhkan Sanksi Permanen ke Rusia
Ilustrasi atlet atletik Rusia. Foto: AP

jpnn.com, MOSKOW - Komite Olimpiade Internasional (IOC) telah mengembalikan hak Komite Olimpiade Rusia sebagai anggota secara penuh pada Februari lalu. Namun, Federasi Atletik Internasional (IAAF) tak sebaik itu.

Kemarin, Rabu (7/3), IAAF memutuskan mempertahankan sanksi terhadap Federasi Atletik Rusia (RUSAF). Bahkan mengancam membuatnya menjadi permanen.

Keputusan itu diambil pasca IAAF menerima laporan kerja dari tim Taskforce yang mereka bentuk untuk masalah doping Rusia.

Pimpinan tim taskforce IAAF, Rune Andersen menyebutkan, sampai saat ini belum ada kemajuan siginifikan yang dilakukan pihak Rusia untuk memperbaiki keadaan.

Bahkan, sampai detik ini pihak Rusia disebut belum pernah mengakui kebenaran laporan investigasi WADA (Badan Anti Doping Dunia) yang menyebut kasus doping di negara tersebut berlangsung secara sistemik dan disponsori oleh pihak pemerintah.

Laporan investigasi itu dilansir secara resmi pada November 2015. “Tim taskforce saat ini berupaya untuk segera menggelar pertemuan bersama RUSAF dan Kementerian Olahraga setempat. Kami akan kembali mendesak mereka untuk menyelesaikan masalah-masalah yang tersisa,” ucap Andersen, dilansir BBC.

Andersen menambahkan, jika rencana tersebut masih tidak membuahkan hasil, timnya sudah memberikan rekomendasi kepada pihak IAAF untuk menjatuhkan sanksi yang lebih berat.

Wujudnya bisa berupa pencabutan hak atlet Rusia untuk tampil di berbagai ajang internasional menggunakan bendera netral.

IAAF memutuskan mempertahankan sanksi terhadap Federasi Atletik Rusia (RUSAF). Bahkan mengancam membuatnya menjadi permanen.

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News