Ibas Janji Kawal Kucuran Anggaran Pendidikan ke Daerah

Ibas Janji Kawal Kucuran Anggaran Pendidikan ke Daerah
Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Komisi X DPR Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas, berjanji akan terus mengawal anggaran pendidikan yang dialokasikan di APBN 2016 agar kebijakan dan program pendidikan berjalan efektif tepat sasaran.

"Insya Allah saya yang diberi amanah duduk di Komisi X akan terus mengawal anggaran pendidikan di APBN 2016 yang dikirim ke daerah Rp 275,9 triliun dari total anggaran Rp 424,7 triliun," kata Ibas dalam keterangan persnya, usai mengawal pemberian beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) dan bantuan TIK di SMP Negeri 1 Trenggalek, Jawa Timur, Minggu (8/11).

Namun begitu, Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI ini juga meminta agar masyarakat terlibat aktif untuk mengawal atau mengawasi pelaksanaannya hingga ke tingkat daerah.

"Keterlibatan publik itu tidak hanya pada saat pelaksanaan, tetapi juga sejak dari perencanaan kebijakan atau program di pemerintah daerah hingga ke sekolah," terang Ibas.

Menurut putra bungsu Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono ini, pengawasan hingga ke daerah ini penting mengingat sejumlah persoalan pendidikan justru terjadi di daerah. "Sebagian besar alokasi anggaran fungsi pendidikan juga langsung mengalir ke daerah dalam bentuk dana transfer daerah," papar Ibas.

Ibas menegaskan, pendidikan bagi generasi muda adalah menjadi kata kunci yang utama untuk mewujudkan diri. "Generasi muda yang diharapkan sebagai penerus bangsa untuk menyongsong masa depan harus benar-benar menjadikan pendidikan sebagai penopang karakter diri," tegas Ibas.

Selain itu, sambung Ibas, kepribadian warga negara merupakan satu persoalan yang harus diperhatikan oleh dunia pendidikan. Pendidikan dan generasi muda tidak bisa dipisahkan.

"Pertama, karena sebagai penopang masa depan sebuah bangsa, generasi muda dihadapkan pada persoalan yang harus melandasi sikap hidupnya dalam masyarakat. Kedua, pendidikan yang mencetak dan menyiapkan generasi muda agar dapat berkarakter," katanya.

JAKARTA - Anggota Komisi X DPR Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas, berjanji akan terus mengawal anggaran pendidikan yang dialokasikan di APBN 2016

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News