IBIMA Kembangkan Program Wirausaha untuk Dukung Gerakan Nasional BBI

IBIMA Kembangkan Program Wirausaha untuk Dukung Gerakan Nasional BBI
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam sambutan pembukaan Program Pengembangan Leader/Wirausaha/Eksekutif Bisnis untuk Tim Superconnection Madeinitb dan Super Holding Company alumni ITB & jaringannya pada tanggal 5 dan 6 Mei 2021 secara daring. Foto: Tangkapan layar @IBIMA Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah telah meluncurkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) tahun lalu. Program tersebut antara lain bertujuan mempercepat perputaran siklus ekonomi lokal, memperbaiki daya beli masyarakat, dan mendorong pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid19.

Pada tahun 2021, tujuan khusus Gernas BBI adalah meningkatkan permintaan terhadap produk UMKM/IKM Indonesia serta meningkatkan peran aktif pemerintah daerah dan membangkitkan perekonomian lokal. Sesuai tema bulan ini, Kebangkitan Nasional 20 Mei 2021.

Dalam rangka mendukung Gerakan tersebut, IBIMA Indonesia menyelenggarakan Program Pengembangan Leader/Wirausaha/Eksekutif Bisnis untuk Tim Superconnection madeinitb dan Super Holding Company alumni ITB & jaringannya pada tanggal 5 dan 6 Mei 2021 secara daring.

Founder & CEO IBIMA sekaligus inisiator program ini Made Dana Tangkas mengatakan inisiatif ini didasari pemikiran untuk menjadikan produk Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan juga anak negeri menjadi leader & wirausaha bisnis di Indonesia.

“Tantangan besar bangsa Indonesia adalah mengembangkan SDM yang dapat bersaing dengan industri luar negeri agar dapat mengolah sumber daya alam sendiri. Kita perlu mengembangkan riset inovasi dan development terhadap kegiatan usaha untuk menghadapi perkembangan industri 4.0. Membantu industri dan perekonomian rakyat oleh anak bangsa dan menggunakan bahan baku yang dimiliki bangsa sendiri,” kata Made dalam siaran pers diterima Sabtu (22/5).

Lebih lanjut Made mengatakan tujuan dari program Train the Trainers yang diselenggarakan IBIMA adalah melatih menempatkan diri menjadi pemimpin bisnis/industri, membangun jaringan, mengembangkan project-project yang berpotensi, mentoring/fasilitator, monitor, evaluasi next action untuk mengembangkan bisnis.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto dalam sambutan pembukaannya di acara ini secara daring menyampaikan apresiasi terhadap program ini karena turut mendukung program pemerintah dalam pemulihan perekonomian untuk tumbuh berkembangnya kewirausahaan.

Airlangga berharap ke depannya program ini terus ditingkatkan agar dapat mencapai target dalam RPJMN: rasio kewirausahaan nasional yaitu 3.9 persen dan pertumbuhan wirausaha baru 4 persen.

Tujuan khusus Gernas BBI adalah meningkatkan permintaan terhadap produk UMKM/IKM Indonesia serta meningkatkan peran aktif pemerintah daerah dan membangkitkan perekonomian lokal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News