Ibu-ibu, Ini Cara yang Baik Menghadapi si Kecil Berbohong

Ibu-ibu, Ini Cara yang Baik Menghadapi si Kecil Berbohong
Foto Ilustrasi: Raka Denny/Jawa Pos/JPNN

jpnn.com - PASTILAH kita sebagai orang tua, pernah menghadapi situasi ketika si kecil berbohong. Misalnya, si kecil mengelak ketika ditanya siapa yang menghabiskan cokelat milik adik? Apakah dia memecahkan vas?

Atau, mengatakan hasil ujian belum dibagikan, padahal sudah diberikan dan dia mendapat nilai jelek. Berpura-pura sakit agar tidak masuk sekolah karena belum mengerjakan tugas untuk hari itu?

Sebenarnya, apa yang membuat anak berbohong? Di antaranya, perasaan insecure. Lalu, mengalihkan kesalahan kepada orang lain. Peer pressure pun bisa mengakibatkan anak mengarang cerita yang tidak sebenarnya.

Kemudian, dia menghindari sesuatu yang tidak menyenangkan seperti hukuman karena nilai jelek atau belum mengerjakan tugas.

Berbohong merupakan salah satu mekanisme pembelaan diri. ’’Sesekali berbohong, itu hal yang normal dalam tahap perkembangan anak,’’ tutur Elizabeth Santosa MPsi, psikolog keluarga.

Namun, kita tentu mengharapkan anak tumbuh dengan kejujuran. Lantas bagaimana menyikapinya? Psikolog yang juga ibu tiga putri itu menjelaskan, ketika menghadapi kondisi tersebut, orang tua jangan langsung melontarkan tuduhan kepada anak.

’’Kamu bohong, ya? Kamu dapat nilai jelek, kan? Itu namanya judging, menuduh,’’ ujarnya. Yang seharusnya dilakukan orang tua adalah membeberkan fakta.

’’Nak, ini ibu menemukan hasil ujianmu. Tapi, kamu bilangnya belum dibagikan. Kenapa nggak cerita sama ibu?’’ lanjutnya. Buat anak nyaman untuk bercerita, ajak mengobrol dengan nada lembut, serta jangan marah ketika dia sudah mengakui dan menceritakan yang sebenarnya.

PASTILAH kita sebagai orang tua, pernah menghadapi situasi ketika si kecil berbohong. Misalnya, si kecil mengelak ketika ditanya siapa yang menghabiskan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News