Ibu Obesitas Potensi Lahirkan Bayi Prematur

Ibu Obesitas Potensi Lahirkan Bayi Prematur
Ibu Obesitas Potensi Lahirkan Bayi Prematur
BAYI yang lahir dari ibu dengan kelebihan berat badan, memiliki resiko lebih besar lahir prematur hingga meningkatnya kemungkinan penyakit serius bahkan sampai kematian.

Seperti dilansir dalam Daily Mail, Rabu (12/6) Sebuah studi dari 1,5 juta kelahiran di Swedia antar tahun 1992-2010 menemukan bahaya kelahiran prematur naik secara proposional bagi ibu yang memiliki kelebihan berat badan.

Wanita dengan Body Mass Index (BMI/indeks massa tubuh) tinggi juga memiliki resiko statistik tertinggi melahirkan prematur, terutama kelahiran sangat awal. Dalam studi tersebut, peneliti menghitung BMI perempuan yakni berat badan (dalam kilogram) dibagi dengan tinggi badan (dalam hitungan meter persegi).

BMI antara 18,5 dan 24,9 dinilai masih normal, 25-29,9 sebagai kelebihan berat badan dan 30 atau lebih sebagai obesitas.

Dibanding dengan wanita ukuran normal, wanita dengan kelebihan berat badan berpotensi melahirkan prematur 25 persen lebih tinggi dan 60 persen lebih tinggi bagi ibu yang obesitas.

BAYI yang lahir dari ibu dengan kelebihan berat badan, memiliki resiko lebih besar lahir prematur hingga meningkatnya kemungkinan penyakit serius

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News