ICW : Calon Kapolri Tak Punya Figur Anti Korupsi

ICW : Calon Kapolri Tak Punya Figur Anti Korupsi
ICW : Calon Kapolri Tak Punya Figur Anti Korupsi
JAKARTA - Pengganti Kapolri, Jenderal (Pol) Bambang Hendarso Danuri (BHD) telah mengusulkan delapan nama ke Komisi Polisi Nasional (Kompolnas). Namun, ICW menilai dari delapan nama yang diajukan itu tak ada yang berfigur anti korupsi.

"Dari delapan nama yang ada di Kompolnas, tidak ada yang punya figur anti korupsi," kata Wakil Koordinator ICW, Emerson Yuntho di Jakarta, Minggu (27/6).

Meski begitu Emerson menyerahkan sepenuhnya proses seleksi kepada Kompolnas. Hanya saja kata dia, seharusnya tidak hanya masyarakat yang dibebankan mengurus Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) untuk kelengkapan administrasi dari kepolisian, tapi para calon Kapolri juga idealnya disyaratkan memilki Surat Kelakuan Baik dari KPK, PPATK, Komisi Ombudsman, Komisi Kepolisian, dan Pengawas Internal Polri.

Selain itu, kriteria calon Kapolri yang disyaratkan ICW adalah jujur, berintegritas, berkualitas. Yang terpenting adalah memiliki komitmen yang kuat dan keberanian membersihkan korupsi di kepolisian, mendorong reformasi Polri, profesional, transparan, akuntabel dan dicintai publik.

JAKARTA - Pengganti Kapolri, Jenderal (Pol) Bambang Hendarso Danuri (BHD) telah mengusulkan delapan nama ke Komisi Polisi Nasional (Kompolnas). Namun,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News