Senin, 17 Desember 2018 – 09:25 WIB

Ide Kreatif Sunroof Mobil dengan Panel Surya

Jumat, 02 November 2018 – 22:24 WIB
Ide Kreatif Sunroof Mobil dengan Panel Surya - JPNN.COM

jpnn.com, SEOUL - Produsen mobil asal Korea Selatan - Hyundai dan KIA, dikabarkan tengah mengembangkan teknologi terbaru yaitu panel surya yang terletak di bagian atap dan kap mesin.

Melansir Engadget, Jumat (2/11), solar panel dibuat untuk membantu mengisi baterai mobil listrik dan hybrid. Meski diletakkan di atap mobil, pengendara tetap dapat melihat ke atas melalui sunroof.

Meski panel surya di generasi pertama akan terbatas pada mobil hybrid dengan beratap konvensional, atap transparan generasi kedua akan diterapkan di mobil sebagai bagian dari sistem sunroof panoramik.

Ada pula sistem generasi ketiga yang dalam tahap uji coba agar dapat menghasilkan daya dari atap dan kap mobil pada saat bersamaan.

Cara tersebut terbilang efektif. Model generasi pertama dapat mengisi ulang 30 hingga 60 persen daya baterai hybrid per hari tergantung pada cuaca dan lingkungan. Meski hal itu terdengar biasa, panel surya secara signifikan menghemat waktu saat pengisian ulang.

Selain itu, teknologi tersebut tetap memungkinkan pengendara menggunakan tenaga bahan bakar ketika suatu hari tidak memungkinkan untuk mengisi ulang via colokan listrik.

Dijadwalkan, teknologi panel surya generasi pertama baru akan pada 2019. Langkah ini patut diapresiasi dan menjadi ide penting di antara produsen mobil. (mg9/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar