Idham Azis Minta Massa Aksi 299 Bubar Setelah Ketemu DPR

Idham Azis Minta Massa Aksi 299 Bubar Setelah Ketemu DPR
Irjen Pol Idham Azis (kiri). FOTO: MIFTAHULHAYAT/JAWA POS

jpnn.com, JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis berjanji akan memfasilitasi delegasi massa Aksi 299 yang berunjuk rasa menolak Perppu Ormas dan PKI, untuk menemui pimpinan DPR.

Setelah aspirasi sampai dan diterima pimpinan, maka Idham mengimbau massa untuk membubarkan diri dengan tertib.

“Nanti setelah perwakilan ketemu perwakilan di DPR. Kalau memang sudah selesai aspirasi dan tersampaikan bubar dengan baik dan tertib lagi,” kata Idham di depan gedung DPR, Jakarta, Jumat (29/9) saat memantau anak buahnya mengamankan aksi.

Dia mengingatkan, Jakarta harus dijaga bersama. Bukan hanya TNI dan Polri saja yang bertanggung jawab, tetapi seluruh masyarakat Jakarta juga memiliki tanggung jawab yang sama menjaga situasi keamanan dan ketertiban. “Siapa lagi yang mau menjaga Jakarta kalau bukan kita (seluruh masyarakat),” ujar jenderal bintang dua lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1988.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, sebelum pengamanan, dilakukan tactical floor game supaya para anggota memahami pola mengamankan Aksi 299.

“Unjuk rasa ini adalah kegiatan kemanusiaan. Anggota sudah diberitahu bahwa agar humanis dalam melakukan tugas,” katanya di depan gedung DPR, Jakarta, Jumat (29/9).

Dia menegaskan, anggota sudah diinstruksikan tidak menggunakan senjata api. Cukup pakai tongkat standar kepolisian saja jika ada peningkatan eskalasi di tengah massa aksi. “Tapi, itu juga ada tahap-tahapnya,” tegasnya.

Lebih lanjut, Argo menuturkan, ada sekitar 20 ribu personel yang telah disiapkan untuk melakukan pengamanan ini. “Masyarakat tidak usah khawatir. Semua lini, baik jalur perekonomian dan lainnya sudah kami amankan,” paparnya. (boy/jpnn)


Idham mengingatkan agar Jakarta harus dijaga bersama.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News