IFC Biayai Trade Financing

IFC Biayai Trade Financing
IFC Biayai Trade Financing
JAKARTA - Pemerintah tidak mendanai langsung pembiayaan perdagangan atau trade financing untuk menggenjot pertumbuhan ekspor. Fasilitas diskonto letter of credit (L/C) ini akan didukung oleh International Finance Corporation (IFC), anak usaha Bank Dunia.

"Tidak dari APBN. Sumbernya macam-macam, bisa dari lembaga-lembaga multilateral. Kita kan punya IFC, tinggal memberikan semacam financing scheme atau berbentuk penjaminan terhadap bank di luar negeri," kata Kepala Badan Kebijakan Fiskal Depkeu Anggito Abimanyu di Kantor Depkeu, Jakarta, Rabu (19/11).

Anggito mengatakan IFC akan bekerjasama langsung dengan bank-bank di daerah. Mekanismenya menggunakan business to business. Namun skemanya disediakan pemerintah.

Karena pemerintah memiliki rating utang yang lebih baik dibandingkan bank, pemerintah bisa memberikan jaminan. "Kita punya sovereign. Pemerintah bisa memberikan semacam umbrella, tapi akhirnya eksekusinya adalah bank sendiri. Itu lazim," kata Anggito.

JAKARTA - Pemerintah tidak mendanai langsung pembiayaan perdagangan atau trade financing untuk menggenjot pertumbuhan ekspor. Fasilitas diskonto

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News