IHSG Diselamatkan Astra

IHSG Diselamatkan Astra
IHSG Diselamatkan Astra
JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sempat bergerak liar di zona merah. Indeks terselamatkan menjelang detik-detik akhir perdagangan dengan menguat amat tipis. Indeks akhir bertengger di level 3.847,46 setelah hanya menguat tipis 10,49 poin (0,27 persen).

Penguatan indeks itu memang tidak bisa lepas dari rilis data inflasi di kisaran 0,12 persen. Tipisnya angka inflasi ini sebetulnya sudah diantisipasi jauh-jauh hari sebelumnya pelaku pasar. Nah, setelah diumumkan pelaku pasar sudah bisa mengatur portofolio investasi di ranah pasar modal.

”Investor sudah menduga kalau angka inflasi tersebut tidak jauh dari apa yang diprediksi sebelumnya. Jadi, pelaku pasar sudah bisa menghitung dengan cermat,” tukas Gema Merdeka Goeyardi, Analis UOB Kay Hian Securities. 

Menguatnya indeks terutama didorong impresifnya saham-saham sektor pertambangan dan barang konsumsi. Saham PT Astra International Tbk (ASII) misalnya memberi kontribusi sebesar 4,76 poin, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) 2,87 poin, PT Bumi Resources Tbk (BUMI) 1,83 poin, dan PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) 1,80 poin.

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sempat bergerak liar di zona merah. Indeks terselamatkan menjelang detik-detik akhir perdagangan dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News