IHSG Selamat di Ujung Sesi

IHSG Selamat di Ujung Sesi
IHSG Selamat di Ujung Sesi
JAKARTA - Lagi-lagi indeks harga saham gabungan (IHSG) selamat di pengujung sesi perdagangan. Itu terjadi setelah investor memborong saham Bank Rakyat Indonesia (BBRI). Selain itu, aksi beli pelaku pasar asing ikut mendongkrak indeks dari jebakan koreksi sekaligus membalik posisi ke zona hijau.

"Sebetulnya indeks tertekan sejak awal sesi. Itu terkait dengan indeks Dow Jones yang kurang bersahabat. Ini kemudian yang memaksa pelaku pasar agak sedikit berhati-hati masuk pasar," ungkap Billy Budiman, Head of Tecnical Analyst Batavia Prosperindo Sekuritas, ketika dihubungi di Jakarta, Jumat (3/6).

Di samping itu sambung Billy, ketatnya gerakan indeks juga dipengaruhi data inflasi yang di luar prediksi pelaku pasar. Sebab, jamak dipahami investor memperkirakan bukan inflasi yang diharapkan tetapi deflasi. Tetapi, faktanya justru inflasi yang mengemuka meski itu amat tipis. "Ya, kenyataan ini juga direduksi oleh aksi netbuy asing senilai Rp 94 miliar. Sehingga laju indeks tetap berada di jalur hijau," ulasnya.

Karena itu, selanjutnya mungkin indeks juga tidak akan banyak bergerak. Paling banter akan bergerak sideway. Indeks masih akan menunggu sentimen positif dari bursa regional yang belum menemukan setelan yang pas. "Lihat saja pekan depan. Tetapi, transaksi kemungkinan akan berjalan semarak seiring kembalinya pelaku pasar dari liburan panjang," jelasnya.

JAKARTA - Lagi-lagi indeks harga saham gabungan (IHSG) selamat di pengujung sesi perdagangan. Itu terjadi setelah investor memborong saham Bank Rakyat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News