Ijtimak Ulama IV Bahas Pembentukan MPUI, Lembaga Saingan MUI?

Ijtimak Ulama IV Bahas Pembentukan MPUI, Lembaga Saingan MUI?
Para tokoh di Ijtimak Ulama IV menyampaikan keterangan pers di Lorin Sentul Hotel, Bogor. Foto: Aristo Setiawan/JPNN.com

jpnn.com, SENTUL - Acara Ijtimak Ulama dan Tokoh IV membahas beberapa hal seperti urusan kelembagaan dan perpolitikan. Khusus di kelembagaan, Ijtimak Ulama dan Tokoh IV bakal membahas finalisasi pembentukan Majelis Permusyawsratan Ulama Indonesia (MPUI) tingkat pusat.

Anggota panitia acara Ijtimak Ulama dan Tokoh IV Slamet Maarif menyebutkan, pembahasan untuk membentuk MPUI telah dibicarakan sejak Ijtimak Ulama I.

Bahkan, kata dia, beberapa tokoh di tingkat daerah, telah membentuk MPUI tingkat provinsi setelah gelaran Ijtimak Ulama I.

"Hari ini kami akan dengarkan, sudah berapa provinsi yang terbentuk sampai dengan hari ini MPUI tersebut, dan perkembangannya bagaimana," ungkap Slamet ditemui sebelum acara Ijtimak Ulama dan Tokoh IV di Hotel Lorin, Sentul, Jawa Barat, Senin (5/8).

BACA JUGA: Ijtimak Ulama IV: Habib Rizieq Sebut Umat Islam Menang di Pilpres 2019

Slamet menegaskan MPUI ialah organisasi yang penting bagi ulama. MPUI menjadi tempat bagi ulama untuk menggelar musyawarah, ketika masyarakat menghadapi sebuah problem.

"Nanti ketika ada persoalan umat, lembaga itulah yang nanti akan menggodok, mematangkan memusyawarahkannya," ungkap dia.

Dari sistem kerja itu, sekilas MPUI mirip dengan lembaga seperti MUI. Hanya saja, Slamet menampik jika MPUI dibuat untuk menandingi MUI.

Ijtimak Ulama dan Tokoh IV bakal membahas finalisasi pembentukan Majelis Permusyawsratan Ulama Indonesia (MPUI) tingkat pusat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News