Ikhtiar BAKTI Kominfo Memeratakan Internet Lewat Satelit Satria-1

Ikhtiar BAKTI Kominfo Memeratakan Internet Lewat Satelit Satria-1
Forum Media Update yang diselenggarakan BAKTI Kominfo, Senin (31/7). Foto: Dok. BAKTI Kominfo

jpnn.com, JAKARTA - Data Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (BAKTI Kominfo) menguraikan bahwa sebanyak 215.626.156 jiwa di Indonesia telah terkoneksi layanan internet tahun 2022-2023.

Dengan jumlah tersebut, tingkat penetrasi internet di Indonesia terbagi pada daerah urban, yakni 87,55 persen dan rural 79,79 persen. Secara keseluruhan penetrasi internet secara nasional dirata-rata adalah 78,19 persen pada 2023.

Guna makin memperluas layanan akses internet di tanah air, BAKTI Kominfo terus menyusun pembangunan infrastruktur digital.

Diharapkan meratanya pembangunan infrastruktur menjadi fondasi akselerasi transformasi digital nasional sekaligus memperkecil digital divide.

Salah satunya dalam rencana kerja BAKTI Kominfo tahun 2019-2023 yang telah terealisasi yaitu pembangunanan Very High-Throughput Satellite (HTS) SATRIA-1 untuk memberi akses internet pada 50 ribu fasilitas publik.

Diketahui Satelit Republik Indonesia pertama (SATRIA-1) telah diluncurkan pada 19 Juni 2023 dan siap mengisi orbit di 146 Bujur Timur (BT) hingga November mendatang di atas langit provinsi Papua dengan kapasitas 150 Gbps.

Kepala Divisi Infrastruktur Satelit BAKTI Kominfo Sri Sanggrama Aradea mengatakan kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan yang sangat menantang dalam penyediaan jaringan teresterial merupakan alasan utama solusi tepat guna untuk pemilihan teknologi satelit.

Aradea menyebut pemerintah melalui Kominfo mengadakan kapasitas satelit pemerintah melalui proyek KPBU Satelit Multifungsi SATRIA-1 untuk percepatan pemerataan infrastruktur digital Indonesia.

Guna makin memperluas layanan akses internet di tanah air, BAKTI Kominfo terus menyusun pembangunan infrastruktur digital.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News