Ikhtiar Pemkab Sumedang Mendorong UMKM Naik Kelas

Ikhtiar Pemkab Sumedang Mendorong UMKM Naik Kelas
Pemkab Sumedang bersama PT Telkom Indonesia, dan beberapa kementerian menggelar UMKM Sumedang Go Digital, Sabtu (10/4). Foto: Humas Pemkab Sumedang

jpnn.com, SUMEDANG - Pemkab Sumedang bersama PT Telkom Indonesia, dan beberapa kementerian menggelar 'UMKM Sumedang Go Digital' di IPP Setda, Sabtu (10/4).

Acara ini dibuka secara langsung oleh Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, diikuti 500 UMKM serta diisi dengan beberapa kegiatan seperti Trainer of Trainer (ToT) pelaku UMKM, bazar, webinar, konseling, podcast, lomba TikTok, dan foto produk.

Direktur Digital PT Telkom Fajri Rasyid mengatakan, pihaknya melihat salah satu yang dibutuhkan Indonesia ialah menaik kelaskan UMKM.

Menurutnya, UMKM merupakan sektor terbesar yang berkontribusi 60 persen menopang perekonomian Indonesia.

“Kalau kita bisa menaikan kelaskan UMKM, maka insyaallah hal itu akan berkontribusi besar terhadap ekonomi negara ini,” ujarnya.

Fajri menuturkan, PT Telkom Indonesia berkomitmen mengembangkan UMKM, salah satunya melalui on boarding Pasar Digital (PaDi) UMKM.

Flatform ini sudah dikembangkan tiga tahun lalu dan baru berjalan sembilan bulan serta sudah terkoneksi ke puluhan ribu UMKM di seluruh Indonesia.

“Fitur utamanya menghubungkan UMKM sebagai merchand dengan BUMN di seluruh Indonesia. Saat ini sudah ada 56 BUMN yang tergabung di flatform ini sehingga UMKM dapat menawarkan produk-produk barang dan jasanya kepada BUMN ini,” katanya.

Pemkab Sumedang bersama PT Telkom Indonesia, dan beberapa kementerian menggelar UMKM Sumedang Go Digital.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News