Ikut Main Ketoprak di Rembang, Ganjar Jadi Pangeran

Ikut Main Ketoprak di Rembang, Ganjar Jadi Pangeran
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (kanan) bermain ketoprak bersama seniman lainnya di Rembang. Foto: Dok. Tim Media Ganjar-Yasin

jpnn.com, REMBANG - Calon petahana pada Pemilihan Gubernur Jawa Tengah (Pilgub Jateng) Ganjar Pranowo memamerkan kemampuannya di bidang seni peran. Senin (23/4) malam, Ganjar ikut bermain ketoprak saat mengunjungi Desa Turusgede, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang.

Gubernur yang juga kader PDI Perjuangan bermain ketoprak dengan lakon Sang Pambayun. Kisahnya tentang perseteruan Ki Ageng Wanabaya yang tak mau menyerahkan Mangir menjadi bagian kerajaan Mataram.

Hingga akhirnya Panembahan Senapati sebagai penguasa Mataram mengirim Pambayun yang menyamar sebagai penari ledhek keliling Mangir. Wanabaya pun terpikat oleh Pambayun.

Siasat itu berhasil hingga Wanabaya luluh dan meninggalkan Mangir. Akibatnya, Panembahen Senapati pun mudah menghabisi Wanabaya.

Dakam kisah itu, Ganjar berperan sebagai putra mahkota Mataram bernama Pangeran Purbaya. Sosok Purbaya dikenal arif dan bijaksana yang tak pernah setuju akan penggunaan kekerasan dalam pemerintahan. Sifat welas asihnya membuat rakyat jatuh cinta.

Meski tanpa latihan dan hanya dengan mengandalkan improvisasi, Ganjar mampu mengimbangi para seniman dari grup Ketoprak Wangsit Gumelar. Bahkan, Ganjar sukses mengocok perut ratusan penonton yang sebagian besar warga desa setempat.

Gelak tawa penonton kerap kali pecah menyaksikan penampilan Ganjar. "Saya kan sudah sering main ketoprak, wayang wong (wayang orang, red). Jadi biasa saja. Salah-salah sedikit wajar lah. Namanya nggak latihan," kata Ganjar.

Sutradara ketoprak Agus Krisbiantoro mengatakan, pertunjukan malam itu sekaligus meresmikan tobong milik Ki Sigid Ariyanto. "Tobong itu bisa diartikan gedung atau tempat untuk pelatihan dan pagelaran seni. Bukan hanya ketoprak, tapi juga tari dan kesenian lain," terangnya.

Ganjar Pranowo tanpa latihan dan berbekal improvisasi bermain memerankan sosok Pangeran Purbaya dalam ketoprak dengan lakin Sang Pambayun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News