Ilmuwan Belanda Minta Tan Malaka Diakui sebagai Pahlawan

Ilmuwan Belanda Minta Tan Malaka Diakui sebagai Pahlawan
Ilmuwan Belanda Minta Tan Malaka Diakui sebagai Pahlawan
JAKARTA - Tokoh pergerakan perjuangan kemerdekaan Indonesia, Tan Malaka, diusulkan agar diakui sebagai Pahlawan Nasional. Dasarnya, karena Tan Malaka dinilai banyak berjasa perjalanan Indonesia.

"Adalah hal benar kalau Tan Malaka ditetapkan menjadi pahlawan di Indonesia," ujar Harry A. Poeze Ph.D, peneliti sekaligus penulis buku "Tan Malaka, Gerakan Kiri, dan Revolusi" dalam acara diskusi di pressroom DPR RI, Kamis (4/11).

Warga negara Belanda yang pernah dipercaya sebagai Direktur Penerbitan Royal Netherlands Institute of Southeast Asian and Caribbean Studies atau yang lebih dikenal dengan KITLV itu, mengatakan, Tan Malaka adalah figur unik di Indonesia. Tan Malaka, sebutnya, memang bukan penganut politik praktis seperti halnya Soekarno-Hatta.

"Dari sisi politik, Tan Malaka kalah dibanding Soekarno-Hatta. Namun dari sisi ideologi, Tan Malaka jauh lebih maju ketimbang Soekarno-Hatta. Tan Malaka mampu merumuskan ideologi dengan menyusun Madilog, dan merumuskan bagaimana Sosialis-Marxis dipraktikkan di Indonesia dengan memasukkan nilai-nilai Islam. Tan Malaka percaya Islam adalah kekuatan revolusioner," ulasnya.

JAKARTA - Tokoh pergerakan perjuangan kemerdekaan Indonesia, Tan Malaka, diusulkan agar diakui sebagai Pahlawan Nasional. Dasarnya, karena Tan Malaka

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News