Ilmuwan Pelajari Lapisan Matahari

Ilmuwan Pelajari Lapisan Matahari
Ilmuwan Pelajari Lapisan Matahari
PASADENA--Lembaga Antariksa AS NASA bakal meluncurkan wahana baru untuk mempelajari matahari akhir Juni ini. Interface Region Imaging Spectrograph atau IRIS akan mengamati bagaimana materi di matahari mengumpulkan energi dan memanas saat melewati atmosfer bawah matahari. IRIS dijadwalkan meluncur di atas roket Pegasus XL dari Markas Angkatan Udara Vandenberg di California pada 26 Juni.

Lapisan atas atmosfer matahari, dikenal dengan sebutan korona, seribu kali lebih panas dari permukaan matahari. Para ilmuwan ingin mengetahui bagaimana itu terjadi, sehingga mereka menyiapkan misi untuk mempelajari apa yang disebut wilayah antarmuka, atau daerah antara fotosfer dan korona pada matahari.

"IRIS akan melakukan pengamatan dari matahari ke daerah yang sulit dipelajari selama ini," kata Joe Davila, ilmuwan di NASA Goddard Space Flight Center Greenbelt, seperti dilansir spacedaily (6/6).

Dijelaskannya, IRIS dirancang memiliki kemampuan unik untuk mengungkap wilayah antarmuka dengan menyediakan gambar beresolusi tinggi dan jenis data yang dikenal sebagai spektrum. Untuk gambar dengan resolusi tinggi, IRIS akan menangkap data sekitar satu persen dari matahari pada suatu waktu.

PASADENA--Lembaga Antariksa AS NASA bakal meluncurkan wahana baru untuk mempelajari matahari akhir Juni ini. Interface Region Imaging Spectrograph

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News